Kisah Frans Faisal Kelola Bisnis Mama Fuji Lewat Medsos, Omzetnya Fantastis

saranginews.com, JAKARTA – Selebgram Frans Faisal tak menyangka bisnis makanan tradisional Minang yang dirintisnya belakangan ini bisa digemari masyarakat luas.

Pria berusia 27 tahun ini menceritakan keberhasilannya membangun bisnis dengan brand Mamafuji.

BACA JUGA: Fuji Perluas Bisnis Kuliner dengan Kang Seafood 357

Dengan tangan barunya, usahanya meraih omset miliaran rupiah dan menarik minat berbagai kalangan dan artis sebagai pelanggannya.

Menurutnya, kekuatan media sosial memberikan dukungan yang kuat dalam banyak hal, termasuk dalam dunia bisnis.

BACA JUGA: Badan Otonom F&B HIPMI Jaya Dorong Pertumbuhan Industri Kuliner

“Peluncuran Mama Fuji tahun 2022, idenya bermula saat saya berbagi cerita tentang makan rendang dan kue bawang putih di Instagram. Lahirlah brand Mamafuji,” kata Frans dalam pengumumannya, Minggu (7/7).

Namun, memulai bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah.

BACA JUGA: Dagang Luar Negeri, Audy Item dan Iko Uwais Bidik Pasar Luar Negeri

Frans banyak melakukan riset pasar terhadap makanan yang dijualnya.

Pada akhirnya ia memilih nama Mamafuji sebagai nama panggilan yang menggambarkan orang yang menyiapkan makanan tersebut, yaitu Dewi Zuhriati atau dikenal dengan Mamanya Fuji.

“Julukan Mamafuji diambil karena resep dan resepnya berasal dari ibu saya, Ibu Dewi Zuhriati yang sering disapa Oma Gala atau Mama Fuji oleh netizen,” ujar pria lulusan Magister Manajemen itu.

Frans dan Dewi akhirnya sepakat untuk menampilkan produk-produk tradisional Payakumbuh yang otentik dan diwariskan secara turun temurun seperti rendang, onion ring, dan daging sapi.

Jadi seluruh proses, termasuk pengiriman produk ke jasa pengiriman, dilakukan sendiri.

Frans dalam merintis usahanya hanya mengandalkan pre-order atau pesanan pelanggan melalui akun Instagram miliknya.

Namun tak disangka, ia mendapat pesanan 100 bungkus bawang putih dalam hitungan detik.

“Kalau dilihat dari respon netizen terhadap ceritanya, rata-rata netizen menyukai produk kue bawang dan rendang. Saya akhirnya membuka pre-order produk ini untuk 100 potong. Alhamdulillah cepat terjual,” kata kakak Fujianti. kakak, Utami Putri.

“Jadi kalau dihitung omzetnya mudah, misalnya harga kue kaca Rp 35.000 x 100 bungkus = Rp 3.500.000, yang harga kue bawang putih dijelaskan di bawah Rp 3.500.000,” kata Frans.

Potensi bisnis digital melalui platform online terus berkembang.

Hingga kini, bisnis Mamafuji terus berkembang dengan jumlah karyawan sebanyak 90 orang yang tersebar di empat lokasi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pabrik. Perusahaan tersebut berbentuk badan hukum dengan nama PT. Perusahaan Cahaya Fuji.

Harga produk Mamafuji bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis produk yang dipilih pelanggan.

Semua produk yang ditawarkan Mama Fuji bersertifikat Halal.

Selain masyarakat umum, produk Mamafuji juga digandrungi oleh beberapa artis ternama seperti Atta Halilintar, Ashanty, Aurel Hermansyah, Lula Lahfah, Gisela Anastasia, Violenzia Jean, Rebecca Kloper, Ria Ricis, dan masih banyak lagi.

Dalam satu bulan, Frans membutuhkan sepuluh ton daging dan tepung untuk membuat rendang mamafuji dan kue bawang. Frans mengamini bahwa banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjamin kepuasan pelanggan.

“Sejak memulai usaha, banyak hal yang kami dengarkan yang kami lakukan setiap hari tanpa libur untuk mengecek kualitas produk Mamafuji,” ujarnya.

Namun upaya Frans dalam mengembangkan dan menjaga kualitas produk sangat berhasil.

Dalam sebulan, Frans bisa menjual sekitar 12.000 kotak kue bawang dengan berbagai rasa dan ukuran.

Untuk rendangnya, Frans menjual sekitar 5.000 bungkus dengan berbagai rasa dan ukuran.

Dengan menjual produk Mamafuji, Frans mampu meraih omzet sekitar Rp3-3,5 miliar per tahun.

Penjualan produk Mamafuji mayoritas dilakukan melalui marketplace sebesar 80 persen, sedangkan penjualan melalui media sosial sebesar 20 persen. Produk Mamafuji juga dijual di negara lain, seperti Malaysia dan Singapura.

Frans berharap bisnis Mama Fuji semakin besar.

Dia ingin Mama Fuji menjadi sepopuler pebisnis sukses lainnya.

“Tujuannya pelanggan di Mamafuji dapat menikmati produknya dan menjadi juara bagi pelanggan kami,” pungkas Frans. (ddy/jpnn)

TULIS ARTIKEL LAINNYA… Kuatkan Industri Kuliner, Raffi Ahmad Buka Gerai Rojo Rasa Baru di Kebon Jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *