Sempat Diblokade OPM, Lapangan Terbang Agandugume Dikuasai TNI

saranginews.com, JAYAPURA – Prajurit Yonif 751/VJS TNI membongkar berbagai pembatas di Bandara Agandugume yang sebelumnya diperiksa OPM.

“Pada Jumat (5/7), lapangan terbang tersebut telah diperiksa dan diamankan oleh TNI. Saat diperiksa oleh OPM, bandara Agandugume tidak beroperasi,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Chandra Kurniawan di Jayapura, Jumat malam.

BACA JUGA: Ini Barang Bukti yang Disita TNI Usai Baku Tembak dengan OPM di Maybrat

Ia mengatakan, setelah TNI kembali menguasai lapangan terbang, masyarakat membantu tentara membersihkan lapangan terbang dari bebatuan dan pembatas yang sengaja disebar OPM untuk mencegah pesawat mendarat.

“Masyarakat dikabarkan sibuk membersihkan landasan pacu lapangan terbang dari tumpukan dan bongkahan batu yang dipasang OPM,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih.

BACA JUGA: Jemaah Bentrok di Jaktim karena Sengketa Penggunaan Gereja

Perebutan kembali Bandara Aganduguma oleh TNI akan melancarkan misi kemanusiaan, yakni pembangunan gudang logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gudang logistik ini dibangun karena hampir setiap tahun dilanda bencana kelaparan akibat cuaca ekstrim yaitu embun beku yang merusak tanaman.

Gudang logistik ini diharapkan dapat membantu warga saat terjadi bencana alam beku agar tidak kelaparan.

– Selain Agandugume, juga dibangun gudang logistik di Sinaki, kata Kapendam. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *