Marak Jasa Unlock IMEI, Bea Cukai Sarankan Masyarakat Beli HP di Toko Terpercaya

saranginews.com, JAKARTA – Kini dambaan semua orang adalah menggunakan smartphone terbaru dari brand ternama dengan segala fitur ternama.

Namun terkadang banyak orang yang membeli ponsel dari penjual

Baca juga: Bea Cukai Beri Saran Cara Hindari Penipuan

Pasalnya, harganya yang relatif murah memang menggiurkan

Walaupun legalitasnya dipertanyakan, namun pada akhirnya IMEI tidak login dan Anda langsung berakhir dengan layanan joki IMEI yang jelas-jelas ilegal.

Baca juga: Bea Cukai Dukung 3 Rencana Strategis WCO 2024-2025. untuk tahun ini.

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah pengenal internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu perangkat telekomunikasi agar dapat terhubung ke jaringan seluler suatu negara.

Pelayanan registrasi kini diatur oleh pemerintah melalui Perubahan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai No. PER-7/BC/2023 dan Peraturan Bea dan Cukai No. PER-13/BC/2021. Notifikasi dan registrasi IMEI perangkat telekomunikasi di Notifikasi Custom

Baca juga AD: Sosialisasi Pekan UMKM Daerah yang Diselenggarakan Adat di Banyak Daerah, Ada yang Unik.

Kasubdit Humas dan Perluasan Bea Cukai Enceps Dudi Zincers menjelaskan, pendaftaran IMEI dapat dilakukan dengan menyerahkan formulir elektronik melalui laman https://www.beacukai.go.id/register-imei.html.

Selain itu, Electronic Customs Declaration (ECD) bagi penumpang dan awak angkutan setibanya di Indonesia dapat didaftarkan melalui https://ecd.beacukai.go.id/ dengan paspor, boarding pass, invoice (jika ada) dan lain-lain. dokumen pendukung

Namun jika penumpang sudah meninggalkan terminal bandara, pendaftaran bisa dilakukan bahkan 60 hari setelah pembebasan bea masuk.

Pendaftaran IMEI gratis, namun tetap dikenakan bea masuk dan bea masuk (PDRI) jika tidak memenuhi ketentuan pengecualian PMK 203/PMK.04/2017, kata Nsep.

Lebih lanjut, Ensep mengimbau masyarakat tidak mudah tergiur dengan tawaran layanan unlock IMEI atau joki yang banyak beredar di media sosial.

Menurutnya, dengan banyaknya kasus pemblokiran IMEI, menjadi lahan yang dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal negatif, salah satunya adalah layanan unlock IMEI ilegal.

Lebih aman membeli perangkat telekomunikasi di toko resmi dan terpercaya, karena pihak Bea dan Cukai hanya menyediakan registrasi IMEI terhadap perangkat yang dibawa penumpang atau barang kiriman dari luar negeri. “Untuk informasi pendaftaran IMEI dapat mengunjungi link https://www.beacukai.go.id/faq/provision-registration-imei.html atau menghubungi Bea Cukai Bravo di 1500225,” imbuhnya. (jpnn)

Baca artikel lainnya… Tegasnya Bea Cukai Aceh Musnahkan Rokok Ilegal, Ini Angkanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *