Kemenhub Gelar Temu Teknis Auditor ISPS Code

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan Temu Teknis Auditor ISPS Code, yaitu pertemuan tahunan yang bertujuan untuk bertukar informasi dan pengalaman para Auditor kode ISPS saat melakukan verifikasi.

“Terdapat forum pembahasan ketentuan ISPS Code di Indonesia, pemutakhiran dan penilaian penerapannya di kapal dan pelabuhan yang telah menerapkan ISPS Code,” ujar Jon Kenedi, Direktur Perlindungan Kelautan dan Lingkungan, membuka ISPS. Code Support Technical Conference di Hotel Harper Malioboro, Yogyakarta, Selasa (3/7).

BACA JUGA: Perusahaan Investasi Kamboja Keliling, Jamkrindo Berbagi Pengalaman

Rapat teknis yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh 60 Auditor ISPS Code yang bekerja di Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Penerapan prinsip-prinsip Ship and Port Security Code (ISPS) di Indonesia dan negara-negara lain yang telah meratifikasi prinsip-prinsip IMO pada tahun 2024 akan menginjak 20 tahun sejak diadopsi pada tanggal 1 Juli 2004.

BACA JUGA: Dilengkapi Berbagai Alat Pemasaran Canggih, Aplikasi PINTU Luncurkan Pintu Pro

Prinsip ISPS Code berlaku bagi kapal berbendera Indonesia yang melayani di luar negeri dan pelabuhan yang melayani kapal asing atau kapal yang telah memenuhi ISPS Code.

Karena fasilitas pelayaran dan pelabuhan memainkan peran penting dalam menggerakkan perekonomian India dalam perdagangan internasional, maka India menggunakan laut untuk membantu transportasi ekspor dan impor.

BACA JUGA: Kemenhub siapkan kapal Binisi untuk dukung wisata bahari di IKN

Untuk mendukung kelancaran perdagangan internasional, konsistensi dan stabilitas kapal dan pelabuhan dalam penerapan hukum internasional, perlu ditetapkan ISPS Code.

“Saya berharap melalui pertemuan teknis ini kita dapat menyelesaikan tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh Inspektur ISPS Code ketika kita melakukan sertifikasi kapal dan fasilitas pelabuhan untuk memenuhi persyaratan ISPS Code akan bermanfaat bagi Inspektur itu sendiri, kapal dan pelabuhan. otoritas dan pengguna jasa maritim lainnya, termasuk Kementerian Perkapalan, khususnya Direktorat Jenderal Kelautan, agar laut Indonesia aman dan memenuhi standar internasional, termasuk ISPS Code (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *