Digitalisasi jadi Peluang Emas bagi Pengusaha Ultra Mikro

saranginews.com, JAKARTA – Transaksi keuangan menjadi peluang emas bagi pelaku usaha ultra mikro untuk mengembangkan usahanya. 

Meski dalam praktiknya penggunaan uang tunai pada segmen ultra mikro masih sangat tinggi untuk transaksi sehari-hari.

BACA JUGA: Product Development Conference 2024, BRI Petakan Perjalanan Transformasi Digital

Namun antusiasme pelaku usaha ultra mikro dalam mencari informasi dan aktivitas keuangan terkait produk perbankan menunjukkan tren positif. 

Data riset internal BRI menunjukkan 51% segmen ultra mikro dari segala usia berniat beralih ke transaksi keuangan melalui aplikasi seluler. 

BACA JUGA: BRI-MI perkenalkan kalkulator investasi dengan fitur yang mudah digunakan

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan BRI bersama Pegadaian dan PNM mendorong pengembangan usaha ultra mikro l di Ultra Micro Holding (UMi).

UMi Holding telah berkolaborasi mengambil langkah-langkah strategis dan berkomitmen meningkatkan layanan digitalisasi transaksi keuangan melalui integrasi alat pemasaran antara BRISPOT (BRI), Selene (Pegadaian) dan PKM Digi (PNM) dalam aplikasi SeniuM Mobile.

SeniuM Mobile merupakan perpanjangan tangan dari Ultra Micro Service Center (SeniuM) dalam integrasi digitalisasi dengan akses sawit saja yang dapat menjangkau berbagai kalangan pengusaha dari segmen ultra mikro hingga seluruh lapisan masyarakat. 

SeniuM Mobile merupakan salah satu cara mengintegrasikan layanan dari BRI, Pegadaian dan PNM. Hal ini merupakan contoh nyata upaya BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Aplikasi ini mengubah cara pengusaha ultra mikro berinteraksi dengan layanan keuangan, membuka peluang bagi mereka untuk tumbuh dan maju di kelasnya. 

Supari mengungkapkan bahwa peran kunci SeniuM Mobile adalah untuk mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan taraf hidup segmen ultramikro.

“Aplikasi ini memudahkan segmen ultra mikro untuk memiliki akses langsung terhadap layanan keuangan formal ketiga entitas tersebut, khususnya produk tabungan dan investasi, dimana saja dan kapan saja selama berbisnis,” imbuhnya.

Supari menambahkan, layanan digitalisasi UMi Holding melalui SeniuM Mobile tidak hanya sekedar peralihan cara kerja dari manual ke digital, namun juga merupakan upaya peningkatan efisiensi, perluasan cakupan layanan dan peningkatan inklusi keuangan khususnya bagi pengusaha ultramikro.

“Dengan SeniuM Mobile, UMi Holding menawarkan layanan yang lebih cepat, mudah, dan aman bagi pengusaha ultra mikro yang sering menghadapi kendala dalam mengakses layanan keuangan formal,” jelas Supari.

Senior Executive Vice President (SEVP) BRI Ultra Micro M. Candra Utama menekankan pentingnya sinergi, kerja sama dan kolaborasi untuk kemajuan UMKM.

“Menghimbau berbagai pihak untuk bergerak bersama mewujudkan UMKM yang lebih maju dan berkembang, salah satunya memperkuat BRI melalui kemitraan yang baik,” ujarnya. 

Hasilnya terlihat melalui pencapaian sinergi UMi Holding yang berhasil menggaet lebih dari 50 ribu pengguna SeniuM Mobile pada akhir Mei 2024. Hal ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam digitalisasi transaksi keuangan di segmen ultra mikro yang sebelumnya didominasi oleh uang tunai. transaksi.

Pinjaman yang diproses melalui SeniuM Mobile merupakan peluang emas bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Rata-rata penggunaan anggaran untuk pembelian bahan baku dan peralatan usaha menjadi tujuan utama segmen UMi. 

Salah satu produk yang paling banyak digunakan di aplikasi SeniuM Mobile adalah pinjaman BRI yang terlihat dari perkembangan plafon pembayaran sukses yang signifikan yaitu dari Rp41,7 triliun pada Desember 2023 menjadi Rp79,9 triliun pada Mei 2024 atau tumbuh 91,6 persen sejauh tahun ini. 

Perkembangan signifikan juga diikuti dengan kemenangan referral di SeniuM Mobile, dimana produk pegadaian menonjol sebagai layanan dengan tingkat keberhasilan referral tertinggi. Dengan tingkat keberhasilan yang mencapai 90,71 persen pada Mei 2024. 

Pinjaman gadai telah terbukti menjadi produk yang sangat populer dan efektif dalam memenuhi kebutuhan finansial para pengusaha ultra mikro, sekaligus menjadi bukti nyata kepercayaan dan kepuasan pengguna terhadap layanan yang ditawarkan SeniuM Mobile.

“Kemudahan akses layanan pinjaman melalui SeniuM Mobile juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan menyediakan modal kerja yang dibutuhkan untuk ekspansi usaha.” “Hal ini tidak hanya meningkatkan pendapatan pengusaha ultra mikro, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia,” tutup Candra (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *