Bicara Pentingnya Pendidikan untuk Generasi Penerus, Megawati: Kurangi Namanya Bansos

saranginews.com, JAKARTA SELATAN – Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengatakan negara harus lebih memperhatikan pendidikan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berjiwa progresif dan berpikiran maju.

Hal itu disampaikannya dalam pidato usai pengambilan sumpah jabatan anggota DPP PDI Perhuangan masa jabatan 2019-2024 yang diperpanjang hingga 2025, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7). 

BACA JUGA: Megawati Akan Disumpah Pimpinan Partai di DPP, Lihat Siapa Yang Mendampinginya

Megawati awalnya mengatakan Menteri Bapenas Suharso Monoarfa akan mengkaji ulang model perencanaan pembangunan universal.

“Kalau ada yang buruk, buang saja, kalau itu yang perlu disampaikan, mungkin tidak akan bertahan lama, peradaban ya, sedang berubah,” kata Megawati dalam sambutannya.

BACA JUGA: Megawati Perpanjang Amanah Kepengurusan PDIP, Hasto Cristiano Tetap Sekjen

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam sambutannya merujuk pada kenaikan Uang Sekolah Perorangan (UCT) yang mendapat perhatian masyarakat.

Menurut Megawati, pemerintah harus bisa merevisi anggaran dengan memprioritaskan sektor pendidikan serta mengalihkan dana sosial.

BACA JUGA: Sukidi Sebut Upaya Cinta Indonesia Tak Boleh Mati, Rujuk Sosok Megawati

“Maaf, karena saya pernah menjadi Presiden RI, kalau saya tidak punya uang untuk sekolah, saya potong yang namanya kesejahteraan. Tidak apa-apa? Apakah tidak apa-apa,” kataku. . cucu Proklamator Republik Indonesia, Soekarno atau Bung Karno.

Megawati meminta pemerintah kembali berbicara dengan DPR untuk menyiapkan pemeliharaan anggaran pendidikan agar menjangkau seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Ia pun meminta seluruh kadernya yang duduk di DPR RI untuk memperjuangkan sistem sekolah gratis di masa depan.

“Apakah itu tidak mungkin?” Hukum, pendidikan, sekolah harus gratis. Ini tidak berjalan dengan baik, bukan? Menjalankannya. Anda tidak berani memimpinnya? Jangan cuma ngomong lho, pakai heboh banget, pusing banget sama UKT,” ujarnya. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Jelang Bursa Pilkada Jateng, Bambang Pakul Sebut Nama Megawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *