Universitas Terbuka Raih Akreditasi A, Konsisten Menjaga Kualitas Pendidikan Tinggi Jarak Jauh

saranginews.com, JAKARTA – Universitas Terbuka (UT) terus berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanan.

Salah satu bukti terselenggaranya Perguruan Tinggi Jarak Terbuka (PTTJJ) UT adalah dengan terakreditasinya perguruan tinggi (APT).

BACA JUGA: Universitas membuka 2 program baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Selaku Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Sc., Ph.D., Gelar APT sangat penting sebagai wujud jaminan mutu akademik tinggi yang diberikan UT.

Hal ini tentunya menjadi salah satu pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih UT sebagai tempat kuliah.

BACA JUGA: UKT Mahal dan PTN Full Time, Universitas Terbuka Solusi yang Dijamin Tak Meningkat

“Kebijakan APT dipertimbangkan melalui berbagai indikator antara lain kurikulum, prinsip-prinsip lembaga dan fasilitas pendidikan, sistem manajemen pendidikan, kualitas kerja manusia dan pencapaian tiga Dharma Perguruan Tinggi,” kata Prof. Ojat dalam siaran persnya, Kamis (7/4).

Akreditasi ini tunduk pada berakhirnya masa akreditasi APT UT pada tanggal 18 Juni 2024.

BACA JUGA: Rencana Pasangan Bunuh PRT

Selanjutnya UT mempersiapkan Ijazah dan Self-Assessment (LED) mulai tahun 2022 dan menyerahkan dokumen persyaratan 6 bulan sebelum berakhirnya masa kualifikasi yaitu pada tanggal 18 Desember 2023.

Proses sertifikasi ini menggunakan alat sertifikasi standar PJJ 7 khusus.

Banyak bidang yang ditinjau, antara lain visi, misi, tujuan dan sasaran, tata kelola dan kerjasama, kemahasiswaan, sumber daya manusia, keuangan dan sumber daya, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, prestasi dan hasil. Proses penerimaan APT UT terdiri dari 2 tahap yaitu Asesmen dan Asesmen Lapangan.

Prof. Ojat mengatakan kualitas proses pelaksanaan PTTJJ telah disetujui oleh International Council for Open and Distance Education (ICDE). Kinerja tersebut tercantum dalam kerangka rencana strategis 2021-2035, dimulai dari tahap pertama (2021-2025) integrasi jaringan Cyber ​​University Tahap II (2026-2030) hingga digital lingkungan dan sistem belajar. II (2031-2035) menuju ekosistem digital berkelanjutan.

Setelah melewati proses penelitian, Prof. lanjutan. Namun, hasilnya bergantung pada negaranya. SK: 1282/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024, BAN PT menyampaikan bahwa UT telah mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) tingkat A yang diputuskan pada tanggal 2 Juli 2024.

Rektor UT menyampaikan rasa syukur atas capaian yang diraih UT saat ini: “Alhamdulillah, berkat perjuangan panjang, kerja keras dan komitmen pimpinan serta seluruh pegawai, pada tanggal 2 Juli 2024 UT mendapatkan akreditasi Perguruan Tinggi (APT) )”A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ujarnya. 

Ia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh keluarga besar UT dan seluruh sivitas akademika yang telah turut berkontribusi dalam pencapaian prestasi tertinggi ini.

“Tentu saja mencapai hasil tersebut bukanlah hal yang mudah bagi UT, banyak aspek yang harus dilakukan UT untuk mencapai hasil tersebut,” ujarnya.

Berbagai aspek peningkatan mutu UT terlihat dari banyaknya proyek pengajaran UT yang melakukan peningkatan mutu, mulai dari pendaftaran, LPKBJJ, panduan belajar, hingga ujian.

Begitu pula di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, buku guru semakin berkembang, baik dari segi ukuran maupun kualitasnya.

Ditegaskannya, kenaikan pangkat A UT merupakan bukti nyata bahwa UT selalu percaya pada mutu pendidikan, karena menjamin tingginya pendidikan merupakan tugas yang banyak diatur dalam undang-undang pemerintah.

“UT akan melanjutkan apa yang telah diperoleh para penguji BAN PT melalui ujian lapangan. Insya Allah UT akan semakin baik dan membanggakan kedepannya,” ujar Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik Dr. Mohammad Yunus, S.S., M.A. (esy/jpnn)

BACA SELENGKAPNYA… Kerusuhan di Jakarta Timur karena perselisihan penggunaan gereja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *