Shopee Bagikan Tren Produk Lokal Paling Dicari Pengguna di Berbagai Pulau di Indonesia

saranginews.com, JAKARTA – Upaya mendorong pilihan produk lokal semakin mendapat perhatian, terutama dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi digital.

Shopee juga telah bermitra dan melakukan berbagai komitmen untuk meningkatkan aksesibilitas bagi usaha kecil dan menengah yang akan menjadi fokus mereka di awal tahun 2024.

BACA JUGA: Begini Cara Otoritas Bea dan Cukai Kendalikan Masuknya Produk UMKM ke Pasar Internasional

Dengan pendekatan inklusif dan terintegrasi, Shopee berupaya memberikan kesetaraan bagi usaha kecil dan menengah serta merek lokal tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di wilayah lain di Indonesia.

Dalam upaya mendorong lebih banyak UKM dan brand lokal untuk mencintai Indonesia, inisiatif “Shopee Pilih Lokal” menjadi salah satu pilar utama dan komitmen kuat Shopee terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA: KPPU mengapresiasi komitmen Shopee

Shopee Select Local berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung pada paruh pertama tahun 2024 dan telah menjadi ruang khusus di mana pengguna dapat menemukan beragam koleksi favorit lokal terbaik dan berkualitas tinggi.

Hal ini tidak hanya menjadi pintu bagi para pelaku usaha dari sektor UKM dan visibilitas produk lokal yang lebih luas, namun juga dukungan dalam memperkuat brand awareness mereka di tingkat nasional.

BACA JUGA: Kisah Aaliyah Massaid dan Luxcrime dari Shopee

Direktur Pengembangan Pemasaran Shopee Indonesia, Monica Vionna, mengatakan pihaknya bangga karena mampu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pasar pada paruh pertama tahun ini, tidak hanya bagi operator lokal di pusat perkotaan.

UMKM dan brand lokal yang berlokasi di wilayah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto termasuk wilayah dengan jumlah transaksi tertinggi tahun ini.

“Hal ini menunjukkan bagaimana para pelaku usaha lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan menembus pasar digital yang inklusif,” kata Monica.

Melihat antusiasme pengguna Shopee yang tinggal di berbagai pulau di Indonesia, produk yang diinginkan juga terlihat dari tren produk lokal yang paling diinginkan. Melihat secara geografis dan mengelompokkan berdasarkan lokasi dan waktu regional;

Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Sumatera hingga Jawa

Dari ujung barat Indonesia, berbagai produk fashion seperti celana panjang wanita dan batik menjadi pilihan produk lokal yang paling sering dibeli masyarakat, seiring dengan pesatnya perkembangan tren fashion di kedua pulau ini. Menariknya, produk terlaris tahun ini juga akan mencakup kuliner khas seperti keripik pisang pada kategori Makanan dan Minuman.

Waktu Indonesia Tengah (WITA): Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara

Kembali ke Indonesia bagian tengah, sebagai kepulauan yang terkenal dengan tempat wisatanya, produk kosmetik seperti tabir surya saat ini menjadi yang paling digemari masyarakat. Pertengahan tahun sepertinya memang menjadi waktu yang tepat untuk menyambut hari raya, karena produk fesyen dan aksesoris seperti sandal dan kacamata juga menempati urutan teratas pencarian.

Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT): Maluku dan Papua

Seiring berkembangnya era digital saat ini, kebutuhan yang paling banyak dicari masyarakat pulau di ufuk timur Indonesia adalah produk-produk berteknologi tinggi dalam kategori ponsel dan aksesoris seperti casing HP. Tak lupa, perlengkapan rumah dan tempat tinggal seperti rak piring dan penutup jendela juga masuk dalam daftar produk yang paling banyak dicari pertengahan tahun.

Tak hanya memastikan pasar dalam negeri meraih pangsa pasar global melalui teknologi digital yang inklusif, Shopee juga menyediakan layanan terintegrasi melalui program ekspor Shopee yang telah mengekspor lebih dari 26 juta produk lokal ke berbagai negara.

Ini belum berakhir, pencapaian positif ini akan terus berlanjut di awal tahun 2024, dimana dinamika transaksi produk ekspor akan meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Rupanya pada pertengahan tahun 2024, Shopee tidak lagi hanya menjadi tujuan belanja online.

Sekaligus juga menjadi ruang aktif perubahan dalam menciptakan ekosistem bisnis lokal yang kuat dan berkelanjutan di seluruh Indonesia (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *