KLa Project Hadirkan Vinyl Album KLakustik

saranginews.com, JAKARTA – Grup musik KLa Project merilis album live double vinyl bertajuk KLakustik.

Album yang dirilis pertama kali pada tahun 1996 ini berisi 16 lagu terbaik band yang beranggotakan Katon Bagaskara (vokal, gitar), Lilo (vokal, gitar) dan Adi Adrian (piano).

BACA JUGA: KLa Project hidupkan kembali lagu-lagu Yogyakarta

KLakustik merupakan double disc yang berisi total 16 track dari disc sebelumnya dalam format akustik.

Tak hanya membawakan lagu, eks KLa Project juga merekam lagu baru yakni Gerimis (KLakustik #1) dan Salamku Sahabat (KLakustik #2).

BACA JUGA: Marcell Siahaan Sumbang Romantis di Album Tribute KLa Project

Saat itu, tidak banyak musisi tanah air yang berani melakukan rekaman live, karena jaman dulu masih analog; presisinya harus sempurna karena tidak bisa diulang terus menerus.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah rekaman proyek KLa secara langsung di Gedung Kesenian Jakarta pada 11 Maret 1966 yang dihadiri 400 orang tamu.

BACA JUGA: Perayaan HUT ke-35 KLa Project, Rilis Album Tribute

Kemudian album tersebut dirilis tidak hanya dalam bentuk audio, tetapi juga dalam bentuk VCD. Itulah sebabnya proyek KLakustik sangat langka dan membanggakan.

Tantangan dalam proses produksinya adalah album tersebut direkam dengan peralatan akustik. Ady yang biasanya menggunakan synthesizer, di sini hanya menggunakan grand piano. Sedangkan Lilo hanya menggunakan gitar akustik, bukan gitar elektrik biasa.

Pembuatan rekaman KLakustik dilakukan tanpa pengulangan dan proses latihannya berlangsung selama 2 bulan.

Staf KLa Project yaitu Ady, Katon, dan Lilo menjalani karantina untuk persiapan masuk.

Yang lebih menarik lagi, pada tanggal 17 Februari dibuatlah lagu baru Gerimis, bersamaan dengan putra Lilo.

“Banyak sekali permintaan untuk merilis ulang album KLakustik dalam bentuk vinyl. Album ini juga menampilkan lagu-lagu terbaik KLa Project yang dibawakan secara live,” ujar staf KLa Project.

“Suatu kebanggaan bagi kami bisa memberikan yang terbaik untuk para penggemar setia kami melalui perilisan vinyl ini. Semoga KLakustik dalam bentuk vinyl dapat memanjakan telinga pecinta musik dan menciptakan kenangan,” lanjut Katon, Lilo dan Adi.

Album vinyl KLakustik KLa Project dibatasi hanya 1.000 bungkus saja.

Menurut Katon Bagaskara, vinyl merupakan salah satu bentuk kemasan yang prestisius.

“​​​​Kalau suka band, beli juga albumnya dan belajar jadi kolektor. Pilih band yang kita suka dan koleksi, karena audio vinyl laris banget, kalau penyanyi itu hanya untuk kita.” jelas Katon.

Album double vinyl KLa Project KLakustik dibanderol dengan harga Rp 888.000 dan bisa didapatkan di PHR Senayan dan Atlas. (hh/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *