Info Terbaru PP Manajemen ASN, Dipastikan Mengatur Penataan Honorer

saranginews.com – YOGYAKARTA – Kementerian Penguatan Administrasi Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar uji publik proyek PP manajemen ASN di Yogyakarta pada Selasa (2/7).

Rancangan ujian umum PP Manajemen ASN di Kota Pelajar dibagi menjadi dua bagian.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS Terbaru dan Laporan ASN PP 2024 Alhamdulillah

Sesi pagi ini dihadiri oleh sivitas akademika dari berbagai perguruan tinggi, antara lain Vahyudi Kumorotomo dari FISIP UGM, Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin, Ismi Dwi Astuti Nurhaeni dari FISIP UNS. .

Selain itu, Direktur Senior Sumber Daya dan Hukum selamat, Direktur Sumber Daya Manusia UGM Suadi dan Fakultas Hukum UGM Hendry Julian Noor.

BACA JUGA: Apakah RPP Manajemen ASN mengatur skema PPPK paruh waktu? Demikian penjelasan BKN

Agus Sudrajat, Wakil Kepala Bidang Manajemen ASN Bidang Riset dan Inovasi, Julia Lely, Direktur Peraturan Perundang-undangan BKN, Asisten Deputi Bidang Penguatan Kerja juga turut serta dalam uji publik RPP manajemen ASN. Budaya SDM Kementerian PANRB. Perangkat Damayani Tyastianti.

Juga Plt. Agus Yudi Wicaksono, Asisten Penasihat Bidang Pengelolaan Talenta dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB, Sri Rejeki Nawangsasih, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Hukum Kementerian PANRB, LAN Triatmojo Sejati, Kepala Bagian Hukum dan Umum Bagian Hubungan, perwakilan lembaga terkait, instansi pemerintah, serta perwakilan Pengurus PP Komite Antarkomite yang turut serta dalam penyusunan ASN.

BACA JUGA: 10 Prinsip Usulan PP Manajemen ASN, 3 Ahli Bahas Nasib Personil Jujur

“Uji publik hari ini (Selasa, 2 Juli 2024, red.) dilakukan untuk memperoleh tanggapan dan masukan konten dari akademisi dan instansi daerah. Uji publik RPP berdasarkan laporan APC sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta dan Bogor, demikian keterangan Departemen Humas KemenPAN-RB.

Plt. Abdul Hakim, Penasihat Sumber Daya Manusia Perangkat Kementerian PANRB mengatakan, RPP manajemen ASN terdiri dari 21 bab dan 312 pasal.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, uji publik RPP yang dilakukan manajemen ASN merupakan wadah untuk menggali informasi dari pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk para ilmuwan yang telah terjun di lapangan.

Menjadikan PP lebih layak, komprehensif dan responsif terhadap tantangan di lapangan, kata Azvar Anas.

Pada kesempatan ini, Plt. Abdul Hakim, Perwakilan Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB, menjelaskan apa saja yang perlu ditonjolkan dalam Undang-Undang Nomor 2023 tentang ASN dan akan dirumuskan dalam RPP tentang pengelolaan ASN.

Pertama, terkait transformasi rekrutmen dan tugas ASN, di mana fleksibilitas dalam menentukan kebutuhan dan rekrutmen ASN sesuai dengan kebutuhan instansi, serta dilakukan perampingan jabatan agar lebih terbuka untuk mendukung organisasi yang agile dan kolaboratif.

“Undang-undang dan RPP ini mencoba menerapkan pengelolaan sumber daya manusia,” kata Abdul Hakim.

Kedua, kemudahan mobilitas talenta nasional. ASN disebut-sebut memiliki fungsi pemersatu bangsa dan siap diangkat ke mana pun.

Ketiga, terkait percepatan pengembangan kompetensi.

Keempat, organisasi personel non-ASN atau honorer.

Kelima, pembenahan pengelolaan kegiatan dan kesejahteraan ASN.

Hakim menjelaskan, salah satu contoh kesejahteraan yang diberikan adalah cuti bagi suami yang mendampingi istrinya saat melahirkan.

Keenam, khususnya mengenai digitalisasi laporan ASN.

Ketujuh, penguatan budaya kerja dan citra institusi.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto berharap aturan yang ditetapkan dapat memuaskan seluruh ASN di Indonesia.

Bagaimana peraturan ini bisa diterapkan tanpa perubahan dan jangka panjang yang bisa mengakomodir seluruh ASN di Indonesia, kata Haryomo. (diri/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *