Gunung Ibu Erupsi Lagi, Muntahkan Abu Vulkanik dan Lava Pijar Disertai Kilat

saranginews.com – JAKARTA – Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara kembali meletus pada Kamis (4/7) malam, mengeluarkan abu vulkanik dan lava pijar dengan suara gemuruh.

Kepala Badan Geologi M Wafid dalam keterangannya di Jakarta mengatakan, kolom abu berwarna abu-abu hingga hitam terpantau sekitar 3.000 meter di atas puncak. Sedangkan erupsi terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm.

Baca Juga: Gunung Ibu Semburkan Abu Vulkanik Tinggi 600 Meter

Menurut dia, petugas pos pengamatan Gunung Ibu melaporkan mengamati lontaran lava pijar sepanjang 2 kilometer, terdengar suara gemuruh dan gemuruh ke arah lereng utara, barat laut, dan barat gunung tersebut.

Fenomena letusan ini berlangsung sejak pukul 22.15 WIB dengan durasi tercatat sekitar 3 menit 50 detik. Meski demikian, Gunung Ibu masih berstatus Level III atau waspada.

Baca juga: Gunung Ibu Kembali Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Mencapai 2.500 Meter

Badan Geologi mengimbau masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Ibu meminta agar tidak mengerjakan radius 4 kilometer dan perluasan sektoral 5 kilometer untuk pembukaan kawah di bagian utara kawah aktif Gunung Ibu.

Begitu pula jika terjadi hujan abu, masyarakat diharap selalu memakai masker atau pelindung wajah untuk menghindari risiko gangguan pernafasan akibat abu vulkanik. (antara/jpnn)

Baca juga: Gunung Ibu Erupsi, Awan Abu Vulkanik Naik Hingga Lima Kilometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *