Gandeng LG, Hyundai Resmi Memulai Produksi Baterai Mobil Listrik di Karawang

saranginews.com, JAKARTA – Patungan Hyundai dan LG, PT. Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power pada Rabu membuka produksi sel baterai lokal di Indonesia, Karawang, Jawa Barat.

Hyundai Motor Group telah melakukan investasi signifikan mulai dari pengolahan bahan baku, pembuatan sel baterai dan paket, pembuatan kendaraan listrik, serta pengembangan jaringan pabrik nasional yang 100% buatan Indonesia.

BACA JUGA: 2 Pelanggan Dealer Hyundai Mega Ini Senang Sekali, Selamat!

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama beberapa menteri dan perwakilan Pemerintah Korea Selatan juga menghadiri upacara pembukaan fasilitas produksi sel di Karawang.

Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power merupakan pabrik listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas produksi 10 GWh per tahun.

Juga: Crossover listrik Hyundai Inster resmi dihadirkan, dengan jangkauan 355 km

Pabrik bola yang berdiri di atas lahan seluas 390.000 meter persegi ini dibangun dengan nilai investasi Rp13,5 triliun.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan: “Saya kira kita bisa memenangkan persaingan dengan negara lain karena kita punya tambang mulai dari nikel, bauksit, tembaga, pendiri, kemudian ada baterai untuk mobil listrik dan pabrik yang terintegrasi dengan ekosistem mobil. . mobil listrik .

Baca juga: Hyundai Siap Produksi Baterai Mobil Listrik di Cikarang Gandeng LG.

Sel baterai PT ini dirakit menjadi sebuah paket baterai. Hyundai Energy Indonesia dan nantinya akan dimuat ke dalam kendaraan Hyundai Kona Electric buatan Indonesia.

Pabrik tersebut akan memproduksi hingga 50.000 rakitan perakitan sistem (BSA) setiap tahunnya.

Melengkapi ekosistem EV di Indonesia, Hyundai mendorong akses jaringan yang lebih mudah dengan meluncurkan lebih dari 240 stasiun, termasuk stasiun ultra-cepat tercepat di Indonesia.

Stasiun pengisian daya ultra cepat bersertifikasi IP54 tahan air dan aman dalam kondisi hujan.

Selain itu, Hyundai telah memperkenalkan sistem daur ulang baterai kendaraan listrik yang memiliki masa pakai terbatas yang disebut Battery Energy Storage System (UBESS).

Sistem inverter baterai digunakan pada unit penyimpanan energi yang berpotensi memfasilitasi distribusi listrik di daerah terpencil. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Baterai Geely untuk mobil listrik dengan jangkauan 1 juta km dan masa pakai 50 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *