Menuju Net Zero Emission, Pegadaian Lakukan Konservasi Terumbu Karang di Sabang

saranginews.com, MEDAN – PT Pegadaian terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung upaya penurunan emisi karbon dan menjaga lingkungan melalui operasi pemulihan dan pemindahan terumbu karang di Pulau Rubiah, Sabang, Aceh.

Acara ini dihadiri oleh pimpinan setempat PT Pegadaian Kanwil 1 Medan yang diwakili oleh Direktur Komersial kawasan Banda Aceh, Marzuki, dalam rangka program ‘Hari Habitat Sedunia’ Pegadaian Peduli bekerja sama dengan Balai Pelestarian Lingkungan Hidup provinsi tersebut. dari Banda Aceh. (BKSDA).

BACA JUGA: Dengan menghadirkan program Si Gemas, Pegadaian mengajak Generasi Z belajar berbicara tentang uang.

Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan, Operasi dan Pemasaran PT Pegadaian, mengatakan perusahaan berkomitmen mengurangi emisi karbon melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Salah satu upaya kita untuk mencapai nol emisi adalah dengan memulihkan terumbu karang yang tidak hanya mampu menyerap karbon, tetapi juga melindungi terumbu dari dampak perubahan iklim dan melindungi biota laut tidak hanya bisa dilakukan di darat, tapi juga di laut. kata Eka, Minggu (30/6).

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Western Regional Raih Dua Penghargaan Komunitas Global 2024

Emisi netral adalah suatu proses dimana jumlah karbon yang dilepaskan ke atmosfer sama dengan jumlah emisi yang dapat diserap bumi.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan transisi dari sistem energi saat ini ke sistem energi bersih untuk menciptakan keseimbangan antara aktivitas manusia dan keseimbangan lingkungan.

BACA JUGA: Banjir Promosi dan Kredit Rumah Gandeng Mitra dan Brand Ternama di Jakarta Fair 2024

Dalam acara tersebut, PT Pegadaian menegaskan komitmennya dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) ke-14, yaitu perlindungan ekosistem laut.

Melalui pemulihan terumbu karang, PT Pegadaian bertujuan untuk mengurangi emisi karbon ke atmosfer, melindungi terumbu dari dampak perubahan iklim, dan melindungi biologi kelautan yang penting bagi kelangsungan ekosistem laut.

“Terumbu karang mampu menyerap 1.000 ton karbon per kilometer persegi per tahun. Selain itu, pemulihan terumbu dapat meningkatkan kehidupan laut sebesar 50%. Kalau bukan karena peningkatan kesehatan ekosistem laut secara keseluruhan,” ujarnya. Bidang Sosial dan Lingkungan PT Pegadaian Rully Yusuf.

Wali Kota Sabang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Syamsurizal mengatakan, pekerjaan restorasi dan pemindahan ini sangat mendukung pekerjaan restorasi terumbu karang, demi menjaga kehidupan lingkungan biota laut.

“Melalui inisiatif ini, kerja sama Pegadaian dengan Pemerintah Kota Sabang menunjukkan semangat persatuan untuk memperbaiki ekosistem. Kami berterima kasih atas perhatian dan dukungan Pegadaian,” kata Syamsurizal.

Kami berharap karya ini dapat menjadi contoh baik bagi perusahaan lain dan masyarakat pada umumnya untuk ikut serta dalam perlindungan dan pelestarian ekosistem laut, serta mendukung upaya global mengatasi perubahan langit (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *