Data Center BDDC Berperan Penting Dorong Inovasi Digital

saranginews.com – JAKARTA – Pusat data berperan penting dalam membentuk masa depan digital Indonesia. Pusat data adalah tulang punggung teknologi, memastikan kelancaran operasional bisnis, penyimpanan data yang aman, dan akses cepat terhadap informasi.

Pusat data di Indonesia perlu terus berinovasi dan memperluas kapasitasnya secara fleksibel, seiring dengan meningkatnya permintaan akan layanan berbasis cloud.

BACA JUGA: Mediator: Perlu upaya lebih untuk melindungi data keamanan imigrasi

Pesatnya pertumbuhan penggunaan Internet dan perangkat digital di Indonesia menciptakan kebutuhan akan pusat data berkualitas tinggi, seperti Bersama Digital Data Center (BDDC).

Pusat data modern tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan, tetapi juga harus memenuhi standar Keunggulan.

BACA JUGA: Pusat Data Berjuang Dengan Reformasi Bisnis dan Perkembangan Teknologi

Status Tier 3 memberikan keandalan dan peringkat uptime sebesar 99,982 persen. Saat ini Tier 4 yang dimenangkan BDDC merupakan yang tertinggi dengan 99,995 persen.

Beberapa data center di Jakarta, seperti BDDC, telah memenuhi standar Tier IV dan Tier III dengan SLA sebesar 99,999 persen sehingga memberikan manfaat downtime kepada pelanggan.

BACA JUGA: Pusat Informasi DCI Indonesia Level IV berfungsi untuk melayani berbagai pengguna

“Data center kami dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis di Indonesia. Kami senang telah mencapai level Tier 4,” kata Direktur Bisnis dan Pemasaran A Yudha Permana dalam pengumumannya, Selasa (2/7).

Ia sepakat BDDC siap berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur digital, menjamin layanan yang cepat, aman, dan terjamin.

“Hal ini akan memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan online, aplikasi, dan penyimpanan data yang aman, sehingga masyarakat dapat tetap terhubung dan berkembang di era digital ini,” ujarnya.

Data center BDDC di Indonesia menawarkan beragam keunggulan, yaitu:

1. Keamanan data yang tinggi

Sistem keamanan yang tahan lama, data center dengan level Tier 3 atau Tier 4 dapat memastikan data perusahaan terlindungi dari ancaman fisik. Termasuk pemantauan 24/7 dan peraturan keamanan data yang ketat.

2. Koneksi yang bagus

Dengan koneksi internet yang kuat dan cepat, pusat data di Indonesia menyediakan akses informasi yang cepat dan andal, yang penting untuk kelancaran operasional bisnis.

3. Fleksibilitas dan Skala:

Pusat data Tier 3 atau Tier 4 dirancang untuk meningkatkan kapasitas dengan mudah sesuai kebutuhan, sehingga memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk berkembang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menambah atau mengurangi kapasitas server tanpa mengganggu operasional.

4. Keandalan yang tinggi

Pusat data modern, terutama yang memiliki sertifikasi Tier 3 dan Tier 4, menawarkan keandalan yang andal setidaknya 99,982 persen.

Manfaat ini memastikan proses bisnis dan aplikasi terus berjalan tanpa gangguan, sehingga mendukung operasional bisnis. (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *