Waka MPR Dukung Pengembangan Kewirausahaan Nasional, ini Tujuannya

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Lestari Moerdijat menyatakan akan mendukung pengembangan dunia usaha di Tanah Air.

Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan pangsa perdagangan sehingga mendukung penampilan Indonesia sebagai negara maju.

Baca juga: Mendag mengapresiasi proses produksi baja lapis PT Tata Metal Lestari

Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/7), mengatakan, “Kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di dalam negeri harus dilaksanakan.”

Pada akhir tahun lalu, pemerintah menargetkan tingkat dunia usaha di Indonesia mencapai 4% pada tahun 2024.

Baca juga: Lestari Moerdijat dorong tumbuhnya kemandirian dan tanggung jawab generasi penerus bangsa

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pada akhir tahun 2023 pangsa dunia usaha di Indonesia hanya mencapai 3,47%.

Pada saat yang sama, pangsa bisnis di negara-negara maju adalah sekitar 10%-12%.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Pancasila Harus Diimplementasikan dalam Kehidupan Berbangsa

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah mengeluarkan Kebijakan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pembangunan Ekonomi Nasional 2021-2024.

Kebijakan presiden ini menjadi pedoman bagi instansi pemerintah/perusahaan, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan usaha negara.

Dalam proses pengembangan usaha di dalam negeri, perusahaan/perusahaan dan pemerintah daerah hendaknya memberikan fasilitas dan insentif serta inovasi kepada pelaku usaha berupa kemudahan pendaftaran izin usaha, fleksibilitas, serta pembaharuan dan sertifikasi.

Selain itu, akses terhadap pembiayaan dan penjaminan, serta pembelian khusus barang dan/atau jasa pemerintah.

Lestari berpendapat bahwa muatan kebijakan yang ada untuk mendorong tercapainya tujuan sektor dunia usaha sangat memerlukan dukungan pengambil kebijakan di pusat dan daerah agar dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan kebijakan tersebut.

“Tanpa komitmen yang sama antar mitra dalam negeri, akan sulit mencapai tujuan yang telah disepakati,” kata Lestari yang akrab disapa Leary.

Terkait peningkatan share of trade, Leary mengatakan mengingat bertambahnya jumlah pedagang merupakan pertanda suatu negara telah memasuki level negara maju, maka hal tersebut merupakan strategi yang harus segera diterapkan.

Leili berharap setiap anak di tanah air dapat membangun kesadaran bersama untuk mengenal Indonesia sebagai negara berkembang melalui berbagai cara, dengan terus mendorong peningkatan jumlah wirausaha di tanah air.

Ia menegaskan, dengan munculnya pusat-pusat pengembangan ekonomi baru di banyak wilayah di Indonesia, maka kemampuan untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar lagi dalam pembangunan ekonomi tanah air akan terlihat. (Jepang)

Baca selengkapnya… Lestari Moerdijat mengatakan diperlukan komitmen kuat untuk mengurangi penyebaran serangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *