Sederet Penghargaan Internasional yang Diperoleh BRI di Juni 2024

saranginews.com, Jakarta-PTT. Rakyat Bank Indonesia (Persero) Tbk. Wa BRI terus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih penghargaan dan penghargaan. 

Pada Juni 2024, bank-bank pelat merah setidaknya mendapat tiga penghargaan dan penghargaan bergengsi dan kredibel di tingkat internasional.

Baca juga: BRI Umumkan Kebijakan Baru Terkait Rekening Tidak Aktif

1. Majalah Forbes

BRI dinobatkan sebagai perusahaan terbesar Indonesia pada Forbes Global 2000 2024 pada Kamis (13/6).

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Terjangkau Beli Tiket Pakai BRImo

BRI, media keuangan dan ekonomi terkemuka dunia, merupakan perusahaan terbesar dalam daftar Forbes International Global 2000. 

Berdasarkan laman resmi Forbes International, dari 2.000 perusahaan seluruh dunia yang masuk dalam daftar tersebut, sembilan di antaranya berasal dari Indonesia dan BRI menduduki peringkat teratas.

BRI 308, Mandiri (373), BCA (457), Telkom Indonesia (912), BNI 944, Bayan Resources (1.194), Chandra Asri Petrochemical (1.591), Amman Minerals (1.605) dan Adaro Energy (1.738) diperingkat. .

Forbes International mencatat BRI memiliki penjualan sebesar $14,95 miliar, laba $3,6 miliar, aset $125,45 miliar, dan nilai pasar $46,5 miliar. 

BRI berada di peringkat 308, mengungguli perusahaan multinasional lain seperti Starbucks, Renault, Nissan Motor, dan Uber.

2. Daftar Fortune Asia Tenggara 500

Tak lama setelah rilis media keuangan terkemuka dunia lainnya, Forbes, Fortune mengumumkan daftar pertama Fortune Southeast Asia 500 pada Selasa (18/06). 

Daftar tersebut mencakup 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara, yang diklasifikasikan berdasarkan pendapatan, laba, dan kekayaan. 

Pemeringkatan tersebut mencakup perusahaan-perusahaan dari tujuh negara Asia Tenggara, Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja. Indonesia sendiri dimiliki oleh 110 perusahaan. Thailand diikuti oleh 107 perusahaan. Malaysia memiliki 89 perusahaan dan Singapura memiliki 84 perusahaan. Selain itu, terdapat 70 perusahaan di Vietnam, 38 perusahaan di Filipina, dan 2 di Kamboja.

Prestasi kembali diraih BRI dengan menduduki peringkat No. 1 dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk industri perbankan dan keuangan di Indonesia, sedangkan BRI menduduki peringkat No. 4 kategori keuangan di Asia Tenggara. Secara keseluruhan, BRI menempati peringkat ke-15 dari 500 perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut.  Fortune BRI melaporkan pendapatan $14,9 miliar, laba $3,9 miliar, dan aset $127,6 miliar.

3. Presiden BRI Soonerso Dinobatkan CEO BRI Terbaik Raih 11 Penghargaan Internasional dari Finance Asia

Pada akhir bulan Juni 2024, BRI menerima 11 penghargaan dari Finance Asia dalam ajang The Finance Asia Awards dan Asia’s Best Company Pole Gala Dinner 2024 yang diselenggarakan di Hong Kong pada Kamis (27/06).

Sebanyak 11 penghargaan telah diraih BRI, tujuh diantaranya pada kategori Perusahaan Terbaik di Asia dan empat pada kategori Asian Finance Awards. Untuk Perusahaan Terbaik di Asia BRI Dianugerahi CEO Terbaik (Emas) Presiden BRI Sunarso Perusahaan Manajemen Terbaik (Emas) Hubungan Investor Terbaik (Emas) Chief Financial Officer BRI Terbaik Viviana Dah Ayu berkomitmen Tinggi untuk DEI (Perak), paling berkomitmen terhadap ESG (Perak) ) dan Topi Besar Terbaik (Perunggu).

Empat penghargaan dalam Finance Asia Awards meliputi Best Bank Financial Inclusion (Winner), Best Commercial Bank – SME (Winner), Best Sustainable Bank (Highly Commended) dan Most Innovative Technology (Highly Commended).

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, seluruh penghargaan yang diterima BRI tidak terlepas dari komitmen perusahaan untuk terus melanjutkan misi menciptakan nilai ekonomi dan sosial dengan fokus pada penguatan UMKM.

“Penghargaan ini kami persembahkan kepada lebih dari 110.000 BRILians (pekerja BRI) yang telah menunjukkan komitmen dan komitmen kuat terhadap BRI untuk terus berperan dalam perekonomian Indonesia.” Untuk semangat juang mereka dan jangan menyerah dalam situasi sulit.

Sunarso mengatakan di era ketidakpastian perekonomian global dan tingginya suku bunga, keberhasilan BRI mendapatkan pengakuan dari Forbes, Fortune dan Finance Asia menunjukkan bahwa dunia internasional mengakui dan mengapresiasi BRI secara strategis dalam menjawab tantangan. 

“Hal ini menjadi landasan proses positif bagi BRI yang telah menjadi pemimpin industri perbankan Indonesia dan semakin mempengaruhi industri keuangan regional dan global,” tutup Sunaraso (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *