Puan Sebut PDIP Mempertimbangkan Kaesang Untuk Pilkada Jateng 2024

saranginews.com, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut partai politiknya telah merelakan nama Presiden PSI sekaligus putra Presiden RI Jokowi, Kaesang Pangarep, untuk dicalonkan pada tahun 2024. . pemilu di Jawa (Jawa Tengah).

“Iya pak. Akan dipertimbangkan juga,” kata Puan menjawab pertanyaan awak media saat pemilihan parlemen, Batavia, Selasa (2/7).

BACA JUGA: Said Abdullah mendesak PDIP perkuat peran MPR dengan amandemen UUD 1945

Kaesang merupakan sosok populer dengan potensi suara besar di Pilkada Jawa Tengah 2024, menurut riset terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Puan dipastikan bakal menggantikan posisi elektorat Kaesang yang mampu mengalahkan peluang Bappilu PDI Presiden Perjuangan Bambang Wuryanto atau Pacul.

BACA JUGA: Survei LSI Pilkada Jateng, Peluang Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang Bertanding

Bagus Kaesang, kata Ketua DPR RI.

Irjen Ahmad Luthfi dan Presiden PSI Kaesang Pangarep bersaing ketat sebagai figur elektoral teratas, demikian hasil riset terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) bertajuk Pilkada di Daerah Penting: Siapa yang Menang di Jawa Tengah (Jateng). .

BACA JUGA: Kaesang: Sekjen PKS Tak Jujur, Bohong Publik

Luthfi menduduki puncak survei simulasi terbuka LSI dengan elektabilitas 5,2 persen, dan Kaesang 2,5 persen.

Tokoh lain yang elektabilitasnya tinggi pada simulasi terbuka adalah politikus Gerindra Sudaryono (2,1 persen), Ketua Bappilu DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto na Pacul (1,8 persen), dan Raja Muda Kendal yang merupakan politikus Golkar Dico Ganinduto (1,7 persen). . ).

Namun peluang terpilihnya Kaesang yang merupakan adik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) paling tinggi dari simulasi 21 nama, yaitu 15,9 persen. 

Luthfi menempati posisi kedua dalam simulasi tersebut dengan elektabilitas 12,9 persen. Disusul politisi Gerindra Ahmad Wachid (7,8 persen), artis dan pengusaha Raffi Ahmad (6,8 persen), dan Pacul (5,8 persen).

“Pada simulasi semi terbuka dengan 21 nama, Kaesang Pangarep terpilih paling banyak,” demikian rilis resmi LSI seperti yang diumumkan, Senin (1/7).

Pada saat yang sama, LSI melakukan survei terhadap 1.200 orang yang merupakan warga negara Indonesia dan berasal dari Jawa Tengah.

LSI diukur dengan metode double sampling, yaitu pengumpulan data secara acak dari kumpulan penelitian sebelumnya.

LSI memperkirakan margin kesalahan survei 21-27 Juni sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… PDIP membuka peluang berkolaborasi dengan partai lain di Pilkada 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *