Penduduk Miskin di DKI Jakarta Menurun, Sebegini Jumlahnya

saranginews.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan, angka kemiskinan di Jakarta mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir pascapandemi Covid-19.

Nurul Hasanudin, Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan tingkat kemiskinan per Maret 2024 sebesar 4,3 persen dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 464.930 jiwa.

BACA JUGA: Praja Madya IPDN terlibat langsung dalam mensukseskan program pengentasan kemiskinan

Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah penduduk miskin mengalami penurunan sebanyak 12.900 orang.

Angka kemiskinan di DKI Jakarta merupakan yang terendah ketiga secara nasional setelah Bali dan Kalimantan Selatan, kata Hasanudin dalam siaran melalui akun YouTube BPS DKI Jakarta, Selasa.

BACA JUGA: KPK Ingin Memiskinkan Rafael Alun dan Ajukan Memori Kasasi ke Pengadilan

Hasanudin merinci, persentase penduduk miskin di Jakarta mengalami penurunan sebesar 0,14 persen pada Maret 2024 dibandingkan Maret 2023.

Berdasarkan data BPS DKI Jakarta, terjadi tren penurunan angka kemiskinan selama tiga tahun terakhir, mencapai 4,69 persen pada Maret 2022. Kemudian 4,44 persen pada Maret 2023 dan 4,3 persen pada Maret 2024.

BACA JUGA: 3 Berita Artis Terhangat: Wulan Guritno Seret Mantan Pacar ke Jalur Hukum, Ammar Zoni Jatuh Miskin?

Tren penurunan angka kemiskinan ini dipengaruhi oleh sejumlah indikator, yakni tingkat pengangguran terbuka yang turun hingga 6,03 persen pada Februari 2024.

Selanjutnya, konsumsi dalam negeri tumbuh lebih cepat pada triwulan I tahun 2024, dan tingkat inflasi secara keseluruhan periode Maret 2023 – Maret 2024 sebesar 2,18 persen, relatif kecil dan terkendali.

“Pertumbuhan ekonomi terus tumbuh dengan laju pertumbuhan pada triwulan I tahun 2024 sebesar 4,78 persen,” kata Hasanudin.

Ia menambahkan, upaya pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial secara konsisten dan terarah ditujukan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Sambut Idul Fitri, Pj Penguasa Muaro Jambi Bachyuni ​​​​​​​​Deliansyah Takbiran Bersama Warga Miskin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *