Membanggakan, Dirut dan Dirkeu Pertamina Raih Penghargaan di 2 Ajang Internasional

saranginews.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) banyak meraih penghargaan dalam 2 ajang internasional yang digelar di Hong Kong dan Manila pada Juni 2024.

CEO Pertamina Nicke Widyawati dianugerahi predikat CEO terbaik se-Asia pada Asian Excellence Award 2024.

BACA JUGA: Selamat, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati Terima Penghargaan di RA Kartini Awards 2024

Sementara itu, CFO Pertamina (Persero) Emma Sri Martini meraih penghargaan Asia’s Best CFO pada Asian Excellence Award di Hong Kong dan Most Innovative Leader of the Year pada Stevie Awards 2024 di Manila.

“Ini merupakan kali kesepuluh Pertamina menerima penghargaan dari Asian Excellence Award yang diselenggarakan oleh Corporate Governance Asia. “Sementara untuk Stevie Awards ini merupakan yang pertama kali kami ikuti pada tahun ini,” kata Direktur Investor Relations PT Pertamina (Persero) Juferson V Mangempis dalam keterangan resmi, Selasa (2/7).

BACA JUGA: Pertamina Group Raih 96 Penghargaan Sekaligus di ISRA Awards 2024

Di Hong Kong, kata Juferson, Pertamina juga menerima penghargaan Best Energy Company in Investor Relations, Best Investor Relations Professional, Asia Sustainability Award, dan Asia’s Best Corporate Social Responsibility.

Pada Stevie Awards 2024, Pertamina juga mendapatkan penghargaan pada kategori Innovation Achievement in Finance – Silver, dan Innovation in Other Issues – Bronze atas Keterbukaan Informasi kepada Investor.

BACA JUGA: Nicke Widyawati kembali masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes

Menurut Juferson, penghargaan ini juga menjadi salah satu cara Pertamina melihat ekspektasi investor khususnya terhadap manajemen puncak perusahaan serta kinerja perusahaan khususnya di bidang keuangan, hubungan investor, dan keberlanjutan.

“Ini menjadi tolok ukur dan juga diapresiasi oleh pemangku kepentingan internasional, khususnya para investor yang menjadi juri pada kedua acara tersebut,” ujarnya.

Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari strategi komunikasi yang efektif dan komitmen kuat terhadap transparansi dan keunggulan yang diterapkan oleh Pertamina.

“Tentunya termasuk tim Investor Relations Pertamina Group yang secara konsisten menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dalam membangun hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan dan komunitas investasi, sehingga meningkatkan reputasi dan kepercayaannya secara global,” jelasnya.

Fadjar Djoko Santoso, Direktur Komunikasi Pertamina, menambahkan pengakuan organisasi internasional ini menunjukkan bahwa Pertamina sejalan dengan visi perusahaan dan strategi Go Global Kementerian BUMN dalam bisnisnya.

“Penghargaan dari Asian Excellence Award dan Stevie Award menjadi bukti kuat reputasi Pertamina yang diakui secara internasional,” kata Fadjar.

Corporate Governance Asia adalah penyelenggara Corporate Governance Asia: Asian Excellence Award yang merupakan organisasi yang menyediakan berita dan analisis mengenai tata kelola perusahaan, kinerja dewan direksi, dan aktivitas pemegang saham yang berbasis di Hong Kong.

Sementara itu, Stevie Awards merupakan penghargaan yang mengakui pencapaian dan kontribusi positif organisasi dan profesional di industri keuangan dunia yang berbasis di Amerika Serikat.

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung tujuan tahun 2060 dengan terus mendukung program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh wilayah bisnis dan operasional Pertamina. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *