Melirik Fasilitas Pendidikan di Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya

saranginews.com, JAKARTA – Salah satu program studi unggulan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) adalah Ilmu Komunikasi.

Program gelar memiliki akreditasi unggul dengan berbagai inisiatif pendidikan progresif. 

BACA JUGA: Resepsi SMA NSDC, Unika Atma Jaya dukung pendidikan holistik

Rektor UAJ Prof Yuda Turana mengatakan salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya adalah lingkungan belajar yang nyaman mendukung kegiatan pembelajaran yang dinamis serta kurikulum yang mengikuti tren masa kini dan masa depan. 

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UAJ tidak hanya diajak menguasai teori dan konsep komunikasi saja, namun juga didorong untuk terlibat aktif dalam penerapannya melalui kegiatan ekstrakurikuler dan praktik. 

BACA JUGA: Menjadi PTS Terbaik di Indonesia, Atma Jaya Jakarta Raih Kategori Lulusan Mudah Kerja

“Salah satunya Radio Atma, wadah kegiatan kemahasiswaan dimana mahasiswa dapat mempraktikkan mata kuliah konten kreatif dengan membuat podcast dan blog yang dapat diakses melalui YouTube dan Spotify,” kata Prof Yuda seperti dikutip Selasa (2/7).

Menurutnya, kegiatan ini mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilannya dalam produksi konten kreatif, pengeditan video dan audio, keterampilan komunikasi, dan pengelolaan platform media digital. 

“Mereka juga belajar bekerja sama dalam kelompok dan lintas budaya,” ujarnya.

Mendorong kolaborasi dan pemecahan masalah

Selain itu, program studi ilmu komunikasi di UAJ juga membangun nilai-nilai kolaboratif dalam proses pembelajaran.

Siswa diajak berpikir kritis dan bekerja sama mendiskusikan kasus-kasus kompleks.

Prof Yuda mengatakan dengan cara ini mereka tidak hanya menjadi individu yang cerdas secara akademis tetapi juga memiliki kemampuan analitis, kreatif, dan pemecahan masalah.

Pendidikan berbasis praktik

Selain itu, untuk memperdalam pemahaman konsep dan teori, siswa diajak praktik secara langsung sebagai bentuk penerapan ilmu. 

Siswa didorong untuk mengembangkan keterampilan praktis seperti bercerita, kampanye komunikasi, penciptaan produk. 

Karya mahasiswa juga didorong untuk dipublikasikan di media eksternal seperti melalui pameran, sehingga mereka mendapatkan pengalaman berharga dalam pengelolaan acara, komunikasi publik, pengembangan penelitian berbasis data dan berbagai kegiatan lainnya.  

Topik yang relevan dengan dunia kerja

Tiga jurusan ditawarkan dalam program gelar, yaitu Komunikasi Pemasaran (Marcomm), Komunikasi Korporat (Corcomm) dan Media. 

“Program gelar Ilmu Komunikasi UAJ membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang dunia digital, mulai dari mata kuliah inti hingga mata kuliah spesialis dan semuanya berhubungan dengan kebutuhan dunia kerja, termasuk AI dalam studi komunikasi,” ujarnya.

Inisiatif inovasi 

Prof Yuda juga menyebutkan bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya rutin setiap tahunnya membuat kampanye yang menonjolkan nilai-nilai tertentu di tingkat universitas. 

Kampanye ini tidak hanya menjadi alat untuk mempromosikan nilai-nilai tersebut, namun juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya di dunia nyata

Untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa internasional, Program Studi Komunikasi UAJ Atma Jaya juga melakukan berbagai kegiatan seperti seminar dan pertukaran mahasiswa. 

Selain itu, berbagai fasilitas telah disiapkan untuk menunjang lahirnya lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi yang berkualitas, seperti program beasiswa, partisipasi aktif dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan pengabdian masyarakat, inovasi digitalisasi, internasional dosen hubungan. mobilitas, kerjasama dengan pemerintah dan perusahaan, pertukaran pelajar dan kerjasama dengan lulusan.

“Berbagai inisiatif pendidikan progresif dan lingkungan belajar yang mendukung, Prodi Ilmu Komunikasi UAJ terus menjadi pilihan utama bagi mereka yang tertarik mendalami dunia komunikasi dalam konteks yang beragam dan dinamis,” jelas Prof Yuda (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *