Kali Ciliwung Meluap, Empat RT di Kampung Melayu Terendam Banjir

saranginews.com – Jakarta – Sungai Ciliwung meluap sehingga menyebabkan empat rukun warga (RT) di Jakarta Timur terendam banjir sejak Selasa (2/7).

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, jumlah wilayah yang terendam banjir pada Selasa ini berkurang dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: 633 Unit Rumah Terendam Banjir di Bulang Mugundo

Sebenarnya dari enam RT kini berkurang menjadi empat RT atau 0,013 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta, kata General Manager BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/2). Jakarta Timur ketinggian 40 sentimeter (cm) akibat meluapnya Sungai Ciliwung. Daerah yang ditarik kini dapat dilalui oleh pengguna jalan, termasuk kota Bidara Sina, Kawang dan Silitan. Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Senin (7/1) meningkatkan debit air Sungai Ciliwung dan menyebabkan banjir di wilayah Dinas Sumber Daya (SDA) DKI Jakarta. Inovasi yang ditempatkan di lokasi rawan banjir saat hujan deras. Inovasi tersebut mulai dari pembangunan infrastruktur pengendalian banjir di berbagai wilayah Jakarta, optimalisasi dan pemeliharaan infrastruktur pengendalian banjir, pengendalian infrastruktur seperti waduk atau kapal, perkuatan termasuk tanggul sungai.

Setelah itu dilakukan pembangunan sistem pompa (folder), peringatan dan pemeriksaan berkala terhadap rumah pompa, pintu jendela dan alat berat, peringatan kepada tim operasional (tenaga operasional) di lapangan dan peningkatan kapasitas drainase wilayah, MM Head Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum mengatakan, pihaknya juga sedang membangun lima sistem polder atau pompa.

Baca juga: Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta pagi ini

Setelah itu, terdapat dua unit pompa tetap terbarukan, 580 unit pompa tetap di 202 lokasi, dan 557 unit pompa mobile yang tersebar di lima wilayah administrasi Jakarta, selain itu juga terdapat 845 unit pintu air di 589 lokasi, 254 unit berat. peralatan, 460 truk pengangkut dan peringatan kepada 4.013 personel pengendalian banjir dan pengelolaan pantai. (Antara/jpnn)

Baca Juga: BPBD DKI Sebut Banjir Terjadi di 18 Kecamatan RT di Jaktim

Baca selengkapnya… Berikut 34 ruas jalan di Jakarta yang terendam banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *