Info Terbaru Pendaftaran CPNS 2024 & PP Manajemen ASN, Alhamdulillah

saranginews.com – Jakarta – Berikut informasi terkini pendaftaran CPNS 2024 dan perkembangan pembahasan rancangan PP Manajemen ASN yang ditunggu jutaan pegawai terhormat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas saat memberikan siaran pers di Istana Kerajaan, Senin (1/6) soal peralihan ASN ke IKN, menyinggung soal pendaftaran CPNS 2024.

Baca Juga: PPPK 2024 Tak Ada Konfigurasi Khusus Satpam Sekolah. Tampaknya inilah alasannya.

Azwar Anas menjelaskan: Untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan di ibu kota Indonesia, IKN, penempatan personel ASN ke IKN dilaksanakan dengan tiga cara:

Pertama, pemindahan ASN ke ibu kota baru Indonesia akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan pemeriksaan kelembagaan dan kelayakhunian.

Baca Juga: Yang Terhormat Tendik Tak Masuk Pendataan yang Bisa Didaftarkan BKN ke PPPK. Perwakilan Nunuk menjelaskan.

ASN pertama yang pindah ke IKN akan mendapat hibah perintis yang besarannya akan dibicarakan di tingkat akhir dengan Menteri Keuangan.

Cara kedua adalah dengan membuat model khusus perekrutan CPNS untuk penempatan IKN.

Baca Juga: PPPK Diangkat, Guru Disiksa Prabowo Ditanya:

Tanpa menyebutkan tanggal spesifik, Menteri Anas mengatakan pendaftaran CPNS 2024 akan dimulai dalam waktu dekat.

“Rekrutmen CPNS akan diumumkan dalam waktu yang tidak lama lagi,” kata Menteri Anas merujuk pada keterangan publik KemenPAN-RB.

Berdasarkan rincian pembentukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahap pertama, terdapat 40.021 CPNS yang dilantik di instansi pusat yang diperuntukkan bagi penempatan IKN.

“Jadi yang baru direkrut adalah pegawai instansi pusat yang dikerahkan ke unit-unit yang berada di IKN.”

“Contohnya pada tahun ini Kemenkes sudah menyeleksi sejumlah CPNS dan Menkes mengalokasikannya ke IKN. Lanjut Pak Azwar Anas, “Jadi, selain penempatan di satuan kerja Kemenkes, alokasinya di berbagai daerah juga sudah dialokasikan secara khusus oleh IKN.

Pemerintah akan mengalokasikan 5% dari 40.021 CPNS penempatan IKN kepada putra-putri terbaik Kalimantan Timur.

“Ini menjadi kesempatan bagi putra-putri Kalimantan Timur untuk turut berpartisipasi dan memberikan kemampuan terbaiknya kepada negara, salah satunya melalui IKN,” kata Anas.

Cara ketiga adalah dengan memindahkan pegawai pemerintah daerah di sekitar IKN.

“Jadi mereka yang sudah menjadi ASN di pemerintah daerah sekitar IKN tetap bisa mengajukan mutasi jika sudah mempunyai pendirian di IKN. Tentu saja mutasi ini juga mempertimbangkan efisiensi kinerja seluruh pemerintah daerah di sekitar IKN,” kata Anas. Draf PP Manajemen ASN segera hadir

Selain CPNS, pemerintah juga berencana membuka pendaftaran PPPK 2024, khusus untuk jalur Prestise.

Penunjukan mereka sebagai PPPK untuk menyelesaikan masalah kehormatan merupakan bagian dari perjanjian non-ASN yang harus diselesaikan paling lambat Desember 2024 berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023.

Oleh karena itu, struktur non-ASN menjadi salah satu substansi rancangan PP Manajemen ASN.

Berikut update pembahasan rancangan PP Manajemen ASN yang saat ini sudah memasuki tahap akhir.

Berdasarkan keterangan promosi KemenPANRB, Wakil Menteri Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar rapat final rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen ASN di Yogyakarta pada Senin (1/7).

Rapat tersebut mengkaji pasal-pasal RPP Manajemen ASN dan menindaklanjuti hasil uji publik RPP Manajemen ASN yang dilakukan di Jakarta dan Bogor beberapa waktu lalu, demikian keterangan resmi Humas KepenPAN-RB. . (Sam/Jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *