EURO 2024: Nico Williams Simbol Perjuangan, Cinta, dan Harapan

saranginews.com – Pemain sayap Spanyol Nico Williams banyak bermain sepak bola dalam hidupnya. Bintang Athletic Bilbao itu menjadi kendaraan penyerang tim Matador di EURO 2024.

Nico memainkan peran kunci dan membawa Spanyol ke perempat final turnamen empat tahunan tersebut.

Baca juga: Euro 2024: Roberto Martinez Masih Percaya dengan Cristiano Ronaldo?

Pemain berusia 21 tahun itu menjadi pilihan utama Spanyol di lini depan bersama Alvaro Morata dan Lamine Yamal.

Sejauh ini Nico sudah mencetak satu gol yang tercipta saat Spanyol menang 4-1 atas Georgia di babak 16 besar, Senin (1/7/2024) dini hari WIB.

Baca Juga: Inggris dan Spanyol Masuk 8 Besar, Cek Chart Euro 2024, Nadi Pertarungan Sengit Jadi Pesepakbola

Namun, sebelum menjadi pemain lapangan hijau, Nico harus melewati berbagai kendala.

Nico juga memiliki kakak laki-laki, Inaki Williams, yang juga seorang pesepakbola. Mereka saat ini membela salah satu klub tersukses Spanyol, Athletic Bilbao.

Baca Juga: Laga Besar, Spanyol Tantang Jerman di Babak Kuartal Euro 2024

Nico dan kakak laki-lakinya adalah orang Spanyol. Orang tua mereka, Felix dan Maria, beremigrasi dari Ghana untuk mencari masa depan yang lebih baik.

Maria dan Felix membayar jaringan perdagangan manusia untuk membawa mereka ke London, Inggris. Namun dalam perjalanan, rombongan mengambil uang simpanan Maria, Felix dan anggota rombongan lainnya.

Jadi dia harus berjalan tanpa alas kaki di gurun Sahara. Maria Inaki Williams sedang hamil saat itu. Dalam perjalanan ini, Maria dan Felix ditangkap oleh aparat keamanan di wilayah Melilla, Spanyol.

Untungnya, Felix-Maria bertemu dengan seorang pengacara yang menasihatinya untuk mengatakan bahwa dia berasal dari negara Liberia yang dilanda perang, bukan Ghana, untuk mendapatkan suaka politik.

Felix-Maria kemudian bertemu dengan pendeta Katolik Inaki Mardones.

Pendeta mencarikan tempat tinggal Felix dan Maria di daerah Bilbao dan membawa mereka ke rumah sakit tempat Inaki Williams dilahirkan.

Nama Inaki diambil dari nama seorang pendeta yang juga merupakan ayah baptis pelaku bom Athletic Bilbao.

Williams dan keluarganya kemudian pindah ke Pamplona, ​​​​tempat Nico dilahirkan pada 12 Juli 2002.

Meski sudah merasa aman, hidup tidak mudah bagi keluarga Williams. Felix memutuskan pindah ke Inggris untuk menghidupi keluarganya.

Saya melakukan yang terbaik untuk mengirim uang ke rumah. Felix telah pergi selama 10 tahun, selama itu Inaki berperan sebagai ayah dan kakak laki-laki Niko.

Masa-masa sulit itu selalu menjadi pengingat bagi Williams bersaudara.

“Bagi saya dia (Inaki Williams, AD) adalah orang kepercayaan, dia adalah segalanya bagi saya. Dia adalah saudara saya dan dia bekerja seperti seorang ayah,” kata Nico.

“Dia membantu saya dan orang tua kami untuk menjalani kehidupan yang layak,” lanjutnya.

Pada tanggal 28 April 2021, tibalah momen spesial bagi Williams bersaudara. Nico dan Inaki masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua saat Athletic Bilbao bermain imbang 2-2 dengan Real Valladolid.

Mereka menjadi saudara pertama yang bermain bersama Bilbao sejak 1986.

Nico ibarat simbol perjuangan, cinta dan harapan. Di tengah kesulitan dan harapan akan keluarga, Niko tak kekurangan kasih sayang.

Berbeda dengan Nico yang membela Spanyol, Inaki memilih mengenakan seragam timnas Ghana sebagai bentuk penghormatan terhadap negara nenek moyangnya.

Baca artikel lainnya… Spanyol vs Georgia: Terkejut, Matador poni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *