AQUA & NU Berkolaborasi Mendorong Pendidikan dan Strategi Dakwah Al-Quran

saranginews.com, JAKARTA – Organisasi Independen Nahdlatul Ulama, Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) menyelenggarakan Multaqo Nasional Ulama Al-Qur’an pada 26-28 Juni 2024.

Ketua JQHNU KH Saifullah Ma’shum mengatakan, kegiatan yang didukung AQUA ini berupaya untuk mengurangi ketidaktahuan masyarakat terhadap Al-Qur’an dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pengkajian dan pelestarian kitab suci.

BACA JUGA: AQUA Elektronik bersama Lombok Epicentrum Mall selenggarakan EPIC AQUA Badminton Cup 2024

Selain itu, Organisasi Nasional Multaqo bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengorganisasikan berbagai permasalahan dan tantangan serta menghimpun ide-ide positif mengenai pengembangan pendidikan dan penyebaran Al-Qur’an di Indonesia.

Kiai Saifullah yang dikutip Selasa (2/7) mengatakan, “Dalam misi ini kami tidak bersatu karena ini penting bagi seluruh masyarakat, jadi kami akan bekerja sama dengan semua orang selama itu baik.”

BACA JUGA: Cara AQUA merayakan Ramadhan bersama masyarakat

Nadirsyah Hosen dan KH Musta’in Syafi’i menjadi pembicara pada seminar National University of Ireland. 

Seminar tersebut membahas rekomendasi mengenai dakwah Al-Qur’an dengan menggunakan alat komunikasi populer seperti media sosial.

KH Saifullah terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang penting bagi negara dan masyarakat. 

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing pihak mempunyai kekuatan dan kekuasaan masing-masing dalam berusaha membangun negara.

KH. Saifullah mengatakan kerja sama tersebut tidak perlu melihat alasan politik atau hal lain asalkan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Pengingat Al-Qur’an kelahiran Malang ini juga mengajak masyarakat untuk saling memahami.

“Kolaborasi ini harus kita lakukan, karena di era ini kita tidak bisa sendiri, jadi kita saling memahami, dari sisi industri kita ingin ikut serta dalam rencana kita, jadi mari kita lakukan bersama-sama, saya kira masyarakat akan mendapatkan manfaatnya. dari itu. ,” kata Saifullah.

Muhammad Ulinnuha, Sekjen JQHNU, mengucapkan terima kasih atas dukungan AQUA dan berharap kerjasama ini dapat membawa keberkahan bagi semua pihak yang terlibat dan berkontribusi. 

Ditegaskannya, seluruh masyarakat Indonesia pasti mendapat manfaat dari segala sesuatu yang diproduksi oleh perusahaan lokal, termasuk AQUA.

Insya Allah kita berharap kita tercatat sebagai orang-orang yang dekat dengan Al-Quranul Karim dan kita berharap semua mendapat keberkahan, ujarnya.

Ini bukan pertama kalinya AQUA bekerja sama dengan Universitas Irlandia untuk memajukan masyarakat. Di masa lalu, AQUA telah mendukung penyediaan air minum bersih dan limbah rumah tangga di banyak sekolah asrama di Universitas Nasional Irlandia. Mahasiswa dan warga memanfaatkan sarana air bersih dan pengelolaan sampah untuk beraktivitas sehari-hari.

Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan semua pihak harus saling membantu untuk memajukan masyarakat. 

Lanjutnya, AQUA akan terus berusaha mendukung perkembangan warga Nahdlyin khususnya generasi muda NU untuk menghadapi tantangan masa depan.

“Alhamdulillah kami atas nama kelompok AQUA merasa bangga mendapat kesempatan untuk mendukung kegiatan kelompok nasional Multaqo Al-Qur’an,” kata Karyanto Wibowo.

Dewan Guru Nasional merupakan salah satu agenda terpenting JQHNU. Kesatuan ulama Al-Qur’an inilah yang akan mengidentifikasi dan mengorganisasikan berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi JQH. Mereka juga akan mengadakan pertemuan untuk memberikan nasihat mengenai isu-isu terkini.

Acara yang dihadiri lebih dari 1000 santri penghafal Al-Qur’an ini diperkaya dengan berbagai kegiatan antara lain dakwah Al-Qur’an, pengajaran Al-Qur’an, huffad, pameran, dan arisan haji. , edukasi publik. 

Dalam proyek ini, AQUA membantu membersihkan tempat tersebut dari sampah, khususnya plastik, setelah acara. Sebanyak 17 kotak telah disediakan di seluruh venue untuk memastikan kemasan AMDK tidak terbuang (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *