Merespons Rencana Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, FMKI Tangerang Raya Soroti Masa Depan Dunia

saranginews.com, JAKARTA – Presiden Forum Umat Katolik Indonesia (FMKI) Tangerang Raya Christopher Nugroho menanggapi rencana Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia pada awal September.

Menurut Christopher, kunjungan Paus Fransiskus ke berbagai negara, termasuk Indonesia, patut dimaknai sebagai upaya serius Gereja Katolik untuk menawarkan ide dan solusi demi masa depan global yang lebih baik.

BACA JUGA: Pernyataan sikap Ormas Katolik dan FMKI terhadap aksi massa berujung ricuh

Chris yang akrab disapa Christopher Nugroho menjelaskan, masa depan dunia yang lebih baik adalah tentang perdamaian, hak asasi manusia, mengakhiri perang, kerja sama antar umat beragama, mengatasi kerusakan lingkungan dan perubahan iklim.

Masalah lainnya berkaitan dengan peran keluarga dan pemuda serta terwujudnya tatanan dunia yang lebih adil bagi semua, kata Christopher Nugroho kepada saranginews.com, Senin (1/7/2024).

BACA JUGA: PMKRI tegas terhadap pemberitaan organisasi keagamaan yang mendapat wilayah khusus izin fasilitas usaha pertambangan.

Oleh karena itu Christopher berpendapat, selain ajakan berdoa, ia juga mengusulkan agar setiap keuskupan dan paroki mengadakan dialog/seminar/diskusi/podcast dll. tentang berbagai seruan dan ensiklik Paus Fransiskus.

“Kami berharap acara ini dapat melibatkan peserta dan narasumber dari seluruh agama dan kepercayaan sehingga pesan Paus dapat bergema di seluruh Indonesia,” kata Christopher.

BACA JUGA: PMKRI: Pemilu 2024 Seharusnya Menjadi Momen Menebar Kebaikan

Christopher juga mengusulkan untuk melakukan tindakan nyata di lingkungan dan wilayah masing-masing, seperti bakti sosial, menjenguk orang sakit, menanam pohon, dan lain-lain.

Dengan ini, seluruh umat Gereja Katolik di Indonesia tidak hanya menyambut dan merayakan kehadiran Paus Fransiskus secara fisik, namun juga menyambut dan menyebarkan gagasan Gereja Katolik untuk masa depan dunia yang lebih baik (jum/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *