Menuju Padmamitra Award DKI, Forum CSR DKI Jakarta Gelar CFD Clean Up

saranginews.com, Jakarta – Forum CSR DKI Jakarta menggelar rangkaian acara ‘CFD Clean Up’ di kawasan Jakarta Creative Zone dalam rangka memperingati Car Free Day di Jakarta.

Ketua Forum CSR DKI Jakarta Aldi Imam Wibowo mengatakan, acara tersebut digelar sesuai dengan tema DKI Jakarta Padmamitra Awards 2024, “Rasa Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk Keberlanjutan dan Indonesia Maju”.

Baca Juga: Nippon Paint Maritime adakan kompetisi menghias perahu nelayan melalui program CSR

Selain itu, Forum CSR CFD Clean Up DKI Jakarta bertujuan untuk menunjukkan dan meningkatkan kesadaran organisasi bisnis untuk melakukan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) dan masyarakat khususnya warga Jakarta. , untuk semakin berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan di wilayah DKI Jakarta.

Aldi mengatakan, langkah positif yang digagas Forum CSR DKI Jakarta ini merupakan komitmen semua pihak untuk menjaga lingkungan, mengurangi jejak karbon, dan mendorong praktik ramah lingkungan di seluruh aspek kehidupan. 

Baca Juga: Talkshow Penghargaan Padma Mitra yang diadakan Forum CSR DKI Jakarta

“Kami memahami bahwa kelestarian lingkungan hidup bukan sekedar tanggung jawab individu atau kelompok tertentu saja, namun merupakan tanggung jawab bersama sebagai global citizen atau warga dunia,” kata Aldi seperti dikutip, Senin (1/7).

Aksi kampanye bertema “Saya berjanji menjaga Jakarta bersih dan indah” di CFD juga merupakan olahraga fisik yang tidak hanya menguatkan tubuh, namun juga mempererat ikatan sosial antar anggota untuk menjaga komitmen keberlanjutan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai instansi Pemprov DKI, relawan, masyarakat, dan organisasi dunia usaha atas dukungannya dalam menyelenggarakan Forum Bersih-Bersih CFD CSR DKI Jakarta yang dihadiri kurang lebih 1.000 peserta,” kata Aldi.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan anak-anak Panti Sosial Tuna Netra dan Pendengaran (PSBNRW) Kahaya Batin yang dilayani oleh Samaj Seva, edukasi pentingnya pengelolaan sampah di sumbernya, aktif melakukan pembersihan di sekitar area CFD di kawasan tersebut. Jalan Jendral Sudirman yang juga dihadiri oleh para relawan.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Dr. Premi Lasari, AP, M.Si mengapresiasi Forum CSR DKI Jakarta yang menginisiasi kegiatan bersih-bersih CFD yang melibatkan banyak pihak.

“Khususnya untuk menginspirasi para pelaku usaha dan warga Jakarta agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” kata Premi.

Forum CSR DKI Jakarta juga menawarkan papan ikrar “Saya berjanji menjaga Jakarta tetap bersih dan indah”, dimana masyarakat diajak untuk menyatakan peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan menandatangani papan ikrar tersebut. 

CFD Clean Up juga merupakan bagian dari acara Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 yang ditujukan kepada organisasi bisnis yang menjalankan operasional bisnis dan program CSR-nya di DKI Jakarta. 

Pendaftaran Padma Mitra Awards DKI Jakarta 2024 masih dibuka hingga 25 Juli 2024 dengan tujuh kategori yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, infrastruktur, kesejahteraan sosial, budaya, dan lingkungan hidup. Tahap penjurian berlangsung pada bulan Agustus hingga September 2024 dan diakhiri dengan penyerahan Anugerah Padmamitra DKI Jakarta 2024 pada bulan September 2024 bertempat di Aula Besar Balai Kota Provinsi DKI Jakarta. 

Badan usaha yang terdaftar di DKI Jakarta dan melakukan program CSR dapat mendaftarkan kegiatan CSR perusahaannya dalam Padma Mitra Awards DKI Jakarta 2024. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *