Tip dari BRI Agar Aman dari Penipuan Berkedok QRIS Palsu

saranginews.com, JAKARTA – Berbagai jenis penipuan bermunculan untuk menipu korbannya

Belakangan ini marak marak aksi penipuan QRIS di metode pembayaran

Baca Juga: Presiden BRI Sunarso Dinobatkan CEO Terbaik, BRI Raih 11 Penghargaan Global

Penipuan ini erat kaitannya dengan waktu seseorang membayar untuk membeli sesuatu 

QRIS palsu, yaitu kode QR palsu yang menyembunyikan identitas merchant, jenis produk, dan jumlah transaksi, dapat membuat penipu seolah-olah melakukan pembayaran, namun nominal transaksi tidak diterima oleh merchant atau pedagang.

Baca Juga: HUT ke-32, BRI-MI & PNM Perluas TJSL untuk Berdayakan UMKM Perempuan

Andrijanto, Kepala Divisi Pembiayaan dan Distribusi Ritel BRI, menjelaskan bahwa lingkaran QRIS palsu menyerang pedagang QRIS statis (kode QR berisi dan mengidentifikasi ID komersial), biasanya ditampilkan pada stiker atau formulir cetak, dan QR dihasilkan satu kali.

Untuk menghindari penipuan transaksi QRIS, kata Andrijanto, merchant harus memantau secara berkala apakah mereka menerima transaksi pembayaran dari pelanggannya atau masuk ke akun dagang statis yang terhubung dengan QRIS.

Tentunya merchant BRI QRIS akan lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi BRImerchant, karena melalui aplikasi ini merchant dapat mengetahui apakah proses pembayaran pelanggan berhasil.

Andrijanto menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh merchant, antara lain memantau dan memeriksa status pembayaran serta memastikan menerima notifikasi. Begitu pula pembeli harus memastikan QRIS yang dipindai memiliki nama yang sama dengan pedagang

BRImerchant merupakan aplikasi solusi all-in-one yang dapat melayani merchant BRI dengan tiga fitur utama: memantau detail transaksi, mengunduh laporan penagihan, dan manajemen pengguna. 

Dalam pengelolaan pengguna, pemilik pedagang dapat menambahkan pengguna sebagai admin super, memberikan akses pengguna, mengubah status dan mengganti pengaturan pengguna termasuk pengaturan pengguna.

“Dengan fitur ini, UKM dan perusahaan besar dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi setiap perangkat EDC/QRIS,” kata Andrizanto.

Selain ketiga fitur utama tersebut, aplikasi BRIMerchant juga menawarkan fitur lain seperti notifikasi transaksi, isi ulang saldo kartu kredit, dan layanan pelanggan. 

Untuk menggunakan aplikasi BRIMerchant, merchant cukup mengunduh aplikasinya dari Google Play Store. 

Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan dapat bermanfaat bagi trader yang memiliki akun BRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *