Menteri BUMN Pastikan Peringatan HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

saranginews.com, KALIMANTAN TIMUR – Menteri Negara (BUMN) Erick Thohir membenarkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, untuk melistriki kawasan IKN, khususnya HUT ke-79. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Erick saat peninjauan IKN PLTS bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Sabtu (29/6).

BACA JUGA: PLN S2JB siapkan santunan untuk 2,1 juta pelanggan terdampak pemadaman listrik

“Hari ini dipastikan PLTS ini sudah selesai dibangun, sudah menghasilkan 10 megawatt, sedangkan kebutuhan IKN saat ini hanya 1 megawatt,” kata Menteri Erick, Minggu (30 Juni).

Oleh karena itu, Erick meminta PLN terus menyiapkan listrik di mana pun dalam rangka memperingati HUT RI di IKN.

BACA JUGA: Erick Thohir menegaskan BUMN siap melaksanakan pasokan listrik dan gas di IKN

“Kami ingin PLN, baik melalui PLTS maupun gardu induk, bisa menyediakan listrik tidak hanya menggunakan daya penuh di lokasi perayaan HUT Kemerdekaan. Namun kami pastikan pasokan interkonektor listrik di Kalimantan juga stabil. ” dia berkata.

Mendengar hal tersebut, Darmawan mengatakan pihaknya siap menyediakan listrik yang bersih dan andal untuk perayaan kemerdekaan Indonesia yang akan digelar di IKN.

BACA JUGA: Bank Mandiri sukses menyelesaikan MJM 2024 dengan pendekatan eksotik dan sukses melahirkan juara baru.

Pihaknya merencanakan penggunaan listrik di IKN, khusus untuk perayaan HUT RI ke-79 di IKN, sebesar 1,5 megawatt (MW).

Saat ini PLTS IKN tengah berupaya menyuplai listrik sebesar 10 MW mulai Februari 2024.

Menurut dia, kapasitas tersebut akan ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

“Kami pastikan HUT RI kali ini akan tersuplai penuh dengan listrik ramah lingkungan dari PLTS IKN,” kata Darmawan.

Dijelaskannya, pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ini, PLN akan menggunakan sistem kelistrikan empat kabel untuk area utama, Beranda Nusantara, perkantoran di pusat pemerintahan utama, bandara, dan tempat duduk VVIP/VIP.

Pertama, PLN menggunakan uninterruptible power supply (UPS) untuk menjamin keandalan listrik.

Pada tahap kedua dan ketiga, PLN menyiapkan dua jaringan listrik yang berasal dari dua pusat utama berbeda. Tahap terakhir, PLN juga menyiapkan peralatan sebagai sumber cadangan.

“Kami telah menyiapkan rencana pengamanan berlapis untuk menjamin keandalan listrik pada perayaan HUT RI,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam rangka mensosialisasikan penggunaan mobil listrik pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, PLN juga menyiapkan 16 Stasiun Pengisian Mobil Listrik Umum (SPKLU) yang dapat digunakan oleh pejabat pemerintah, tamu undangan, dan peserta di lingkungan Republik Indonesia. Kemerdekaan Indonesia. Ingat hari itu.

Bahkan, PLN bekerja sama dengan Bluebird menyediakan bus khusus SPKLU yang akan digunakan peserta memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN.

“Kami siap memberikan yang terbaik untuk merayakan HUT RI ke-79 di IKN dengan memberikan layanan energi bersih yang komprehensif,” kata Darmawan (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *