Irjen Iqbal Turun Langsung Awasi PSU Pileg di Riau, Ini yang Terjadi

saranginews.com, Kepulauan Meranti – Untuk memastikan tidak ada gangguan, Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal mengawasi langsung pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) di Kabupaten Kepulauan Meranti (PSU) pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Irjen Iqbal meninjau PSU bersama Presiden KPU Rusidi Rusdan dan Presiden Bawaslu Alnofrizal.

Baca juga: PLN Irjen Iqbal Ambil Tindakan pada Malam Kedua Listrik Padam di Riau

Iqbal, Rushdie dan Arnaud Frizal naik helikopter dari Kota Pekanbaru menuju lokasi terdekat dengan lokasi TPS.

Selanjutnya lanjutkan ke lokasi PSU pada sepeda motor anda.

Baca juga: FGD dan Operator Angkutan Umum, Begini Kata Irjen Iqbal Soal Kurangi Kecelakaan di Jalan.

“Personel dan jajaran Polres Riau akan memantau dan menjaga seluruh jajaran PSU sampai selesai. Jangan sampai ada yang mengganggu DMK dan saya akan tindak tegas termasuk jika ada anggota saya,” jelas Iqbal.

Iqbal mengatakan, di Kabupaten Kepulauan Meranti, hanya satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memiliki PSU. Salah satu TPS tersebut, yaitu TPS 002, terletak di Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi.

Baca juga: Irjen Iqbal Doakan Korban Garodo di Sumbar dan Kirim 3 Truk Makanan.

Iqbal mengatakan: “Meski hanya ada 1 TPS, namun penjagaan dan keamanannya sangat ketat. Saya juga tegaskan agar anggota tetap netral dalam proses pencalonan.”

Iqbal juga mempekerjakan Komisaris Pol Nasriadi, Direktur Reserse Kriminal Polda Riau. Dikatakannya, penerapan PSU TPS 002 berjalan lancar dan tertib.

“Dahulu Polres Kepulauan Meranti dibantu personel pengendali operasi polisi di Kabupaten Riau (BKO) menyusun rencana pengamanan secara komprehensif. Pengamanan juga dilakukan saat kegiatan distribusi logistik tiba di TPS,” jelasnya.

Keamanan ketat dan unit catu daya Kepulauan Meranti beroperasi dengan aman dan tertib. Pasalnya Iqbal memerintahkan anak buahnya untuk memprediksi dan mendeteksi potensi gangguan keamanan di PSU.

Iqbal menegaskan: “Saya perintahkan deteksi dini segala potensi gangguan keamanan, pemetaan daerah rawan dan kewaspadaan terus. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah.”

Iqbal menjelaskan, PSU tidak hanya digelar di Kepulauan Meranti saja, namun juga 1 TPS di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan 2 TPS di Kota Dumai secara bersamaan pada hari ini.

“Penerapan PSU di TPS Inhu dan Kota Dumai juga berjalan baik,” kata Kapolri, alumnus Akpol angkatan 1991 itu.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, meski acara hanya digelar di empat TPS, namun ia menegaskan kepada anggota agar tidak menganggap remeh situasi di lapangan.

Sebelumnya, Iqbal menekankan dan mewajibkan para personel untuk bekerja sama dan saling mendukung serta para pemangku kepentingan. Mulai dari KPU, Bawaslu, TNI, pemerintah daerah kabupaten/kota, hingga pejabat setingkat TPS.

“Saya minta personel aktif melakukan pengawasan dan patroli secara intensif. Yang terpenting tetap netral sebagai anggota kepolisian negara,” kata Iqbal.

Selain itu, Iqbal menjelaskan, pihaknya akan menjamin pengamanan maksimal pada PSU di Kabupaten Rohul yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024. Apalagi, jumlah TPS yang dilaksanakan PSU Kabupaten Rohul cukup banyak yaitu 31 TPS. (mcr36/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *