Hasil MotoGP Belanda: Pecco Sempurna, Persaingan Demi Podium Ketiga Luar Biasa

saranginews.com – ASSEN – MotoGP Assen atau MotoGP Belanda 2024 dimiliki sepenuhnya oleh Francesco Bagnaia.

Usai memenangi seluruh sesi pada Jumat dan Sabtu, Pekko Bagnaia menjadi juara pada balapan di sirkuit Assen, Minggu sore (30/6) WIB.

Baca Juga: MotoGP Belanda: Mampukah Pecco Bagnaia Salip Valentino Rossi?

Pemilik sepeda nomor 1 (juara bertahan) start duluan, melaju sendirian di depan hingga finis.

Pekko Bagnaia menjadi pebalap pertama yang mencatatkan hat-trick kemenangan di MotoGP Belanda 2022-2024 sejak Mick Doohan melakukannya (minimal lima kali) pada 1994-1998.

Baca Juga: Martin Kena Penalti 3 Grid Down, Cek Posisi MotoGP 2024

George Martin harus puas menempati posisi kedua setelah berusaha mendekati Pecco sejak awal.

Seperti yang diungkapkan Martin usai sprint kemarin, ia mengaku Pekko serasa berada di planet lain saat tampil di Assen tahun ini.

Baca Juga: Hasil Sprint MotoGP Belanda: Pecco Bagnaia Terlalu Kuat, Marquez Terjatuh

Platform kedua sepertinya memuaskan Martin.

Enea Bastianini finis ketiga setelah bertarung hebat dengan Marc Marquez, Fabio di Giannantio, Maverick Vinales, dan Pedro Acosta.

Bastianini berada di belakang kelompok pebalap di belakang George Martin pada awal. Namun, Bastianini menempati posisi pertama.

Awalnya, Marc Marquez berada di posisi ketiga. Namun entah kenapa, Marquez menoleh ke belakang, seolah memberi kesempatan Giannantonio untuk menyalip.

Marquez saat itu berada di posisi ke-4. Ternyata justru di posisi itulah penampilan dan tenaga motor Marquez paling terlihat.

Persaingan keempat pebalap berlanjut hingga lap ke-15 dari 26 lap, hingga Bastianini mulai bergabung dengan mereka di lap tersebut.

Sementara di lini depan, Pecco Bagnaia tertinggal jauh. Selisih dengan George Martin di posisi kedua berkisar 1,6-1,8 detik.

Kamera kru MotoGP kerap menyoroti perebutan podium ketiga antara lima pebalap tersebut.

Enia Bastianini menggila selama sembilan ronde terakhir. Majulah dari Pedro Acosta dan mulailah mengincar Maverick Vinales di depannya.

Pada lap ke-19 terjadi perubahan besar, Vinales melewati Marquez dan Giannantonio.

Marquez juga mengikuti Vinales. Bastianini pun melewati Giannantonio.

Lap 20: Pecco, Martin, Vinales, Marquez dan Bastianini menggila.

Bastianini berhasil menyalip Marquez. Bahu Marquez menyentuh sepeda motor Bastianini.

Dengan enam putaran tersisa, pemilik podium ketiga masih belum jelas. Vinales mendapat ancaman terbesar dari Bastianini. Marquez juga tidak berhenti.

Bastianini akhirnya menyalip Vinales di lap ke-23.

Dengan tiga lap tersisa, Pecco tampak unggul dengan nyaman, dengan Martin di urutan kedua.

Tempat ketiga masih belum jelas. Bastianini berusaha menjauh dari Vinales, namun Marquez mulai mendekati Vinales.

Giannantonio pun mengincar posisi Marquez.

Pecco akhirnya finis pertama, Martin kedua, Bastianini ketiga, Marc Marquez dan Di Giannantonio ke-4 dan ke-5.

“Saya mencoba menekan sejak awal, namun ada beberapa kesulitan. Namun, saya mencoba menekannya satu per satu,” kata Bastianini kepada kru MotoGP usai balapan.

“Ini minggu yang berat. Pokoknya sudah cukup. Saya mencoba menangkap Pecko, tapi ya, itu tidak cukup. Mungkin minggu depan,” kata Martin.

Saya menjalani minggu yang menyenangkan di sini bersama para penggemar yang hebat. Sempurna sekali, senang sekali, kata Pekko (adk/jpnn).

Hasil Balapan MotoGP Belanda Pasca Rider Tim Nat 1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)2. George Martin SPA Pramac Ducati (GP24)3. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)4. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)5. Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)6. Pabrik Aprilia SPA Maverick Vinyls (RS-GP24)7. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)8. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)9. Arena Balap SPA Raul Fernandes Aprilia (RS-GP23)10. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)11. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)12. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)13. Johan Zarco FRA LCR Honda (RC213V)14. Augusto Fernandes SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)15. Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)16. Takaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)17. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V) Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16) Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V) Marco Bezecchi ITA VR46 Ducati (GP23) Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *