Bank Mandiri Sukses Gelar MJM 2024 dengan Rute Eksotis dan Berhasil Cetak Juara Baru

saranginews.com, YOGYAKARTA – Bank Mandiri sukses menjadi tuan rumah Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024.

Ajang olahraga pariwisata tahunan Bank Mandiri berhasil melahirkan juara baru.

UPDATE: Sebanyak 8 ribu pelari rayakan Mandiri Jogja Marathon 2024

Dalam salah satu ajang yang ditunggu-tunggu oleh komunitas lari seluruh Indonesia, atlet Kenya kembali berhasil meraih gelar juara kategori paling bergengsi.

Pada kategori Open Male Marathon, jalur juara diisi oleh tiga atlet Kenya yakni George Nyamori Onyancha, disusul James Cherutich Tallam, dan Kennedy Lilan yang menempati posisi ketiga.

UPDATE: Mandiri Jogja Marathon 2024 resmi digelar, tujuannya membangkitkan semangat keberlanjutan dan wisata lingkungan

Pada kategori Open Female Marathon, tiga pelari teratas asal Kenya adalah Sheila Jepkosgei Chesang yang menempati posisi pertama, Eunice Nyawira Muchiri kedua, dan Shauline Chepkirui Koech ketiga.

Sedangkan kategori Closed Marathon Putra diraih oleh pelari papan atas Indonesia Betmen Manurung di peringkat pertama, disusul Beni Ardinata di peringkat kedua.

Hamdan Syafril Sayuti kemudian menempati posisi ketiga Marathon Indoor Putra.

Kemudian pada kategori Closed Women’s Marathon, Sharfina Sheila Rosada tercatat sebagai pelari tercepat, disusul Krisentia Hoess dan Melti Pakinja di posisi kedua dan ketiga.

Lebih besar dari tahun lalu, MJM 2024 menawarkan hadiah sebesar Rp100 juta untuk pemenang kategori Full Marathon Open dan Rp50 juta untuk kategori Closed Full Marathon.

Memilih lokasi start dan finish di kawasan Candi Prambanan, MJM 2024 mencakup rute yang menampilkan keindahan alam dan kekayaan budaya lokal melewati banyak kota dan beberapa tempat wisata utama di Yogyakarta seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Taruna Monumen. .

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi berharap lebih dari 8 ribu pelari nasional dan mancanegara yang mengikuti MJM 2024 dapat menikmati dan mempromosikan keindahan alam dan kekayaan budaya Yogyakarta baik di dalam negeri maupun dunia.

“Diselenggarakan di kota budaya, diharapkan event maraton ini dapat menunjang kekayaan budaya internasional, sehingga meningkatkan pariwisata Yogyakarta dan Indonesia,” kata Darmawan, Minggu (30/6).

Ia mengatakan timnya akan terus berusaha meningkatkan kualitas Mandiri Jogja Marathon agar semakin banyak pelari yang berpartisipasi dan hadir di Yogyakarta serta menjadi promotor acara serupa lainnya di Indonesia.

Ia pun mengungkapkan kebahagiaannya atas animo peserta MJM 2024 yang begitu besar.

Menurut Darmawan, hal ini menunjukkan bahwa olahraga lari telah menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menekuni hobi dan gaya hidup sehat dalam beraktivitas sehari-hari, hal ini terlihat dari semakin banyaknya komunitas lari di Indonesia.

Tahun ini, Pemprov DI Yogyakarta dan Bank Mandiri bekerja sama menonjolkan dan mempromosikan kekayaan budaya dan produk lokal, guna meningkatkan pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta.

Salah satu caranya adalah dengan melibatkan banyak komunitas lokal, mulai dari seniman hingga UMKM.

Dengan begitu, seni dan budaya lokal Yogyakarta dapat lebih dikenal oleh para pelari, keluarga pelari dan pendukung lainnya.

Darmawan kembali menegaskan Bank Mandiri berkomitmen untuk terus mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup dan memajukan pariwisata, inklusi keuangan, dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Pada MJM 2024, Bank Mandiri menggaet sejumlah UMKM lokal untuk memasarkan produknya di booth yang ada di lokasi acara.

Seluruh pembelian menggunakan alat pembayaran nontunai Bank Mandiri seperti QRIS Livin’ Mandiri, kartu debit, kartu kredit, dan Mandiri e-Money.

Aplikasi cashless yang ditawarkan melalui berbagai saluran Bank Mandiri, lanjut Darmawan, merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mendorong inklusi keuangan sejalan dengan rencana pemerintah Indonesia menuju cashless society.

Sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (SSR), Bank Mandiri memiliki beberapa program untuk peduli terhadap lingkungan.

Dengan program bertajuk ‘Aksi Mandiri Bersih’, Bank Mandiri bekerja sama dengan masyarakat, komunitas dan Mandirian melaksanakan pembersihan di 8 kota jalur MJM 2024.

“MJM kini mulai menerapkan konsep TPA bekerja sama dengan Rekosistem, perusahaan pengelola sampah, untuk mendaur ulang dan memisahkan sampah hidup dan tak hidup,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Teuku Ali Usman.

Untuk mendukung penurunan emisi karbon, Bank Mandiri menghadirkan Future Energy Box, sebuah platform yang mencakup lounge, pusat energi hijau, dan pusat pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk menghemat energi.

Di area utama MJM atau Race Village, Bank Mandiri juga menyediakan empat solar charger station untuk peserta dan pengunjung smartphone.

Rangkaian program tersebut diyakini dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan mendukung pengurangan emisi karbon di Indonesia.

“Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya peserta Mandiri Jogja Marathon 2024 untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan menjadikan proyek ini sebagai contoh yang baik dan baik di masa depan,” pungkas Ali. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *