Manfaatkan Teknologi SWM, Perusahaan Air Minum Ini Kelola Ribuan Pelanggan

saranginews.com, DEPOK – PT Tirta Asasta (Perseroda), perusahaan air minum daerah di Depok, berhasil menerapkan solusi teknologi digital Smart Water Meter (SWM) dari Indibiz Energi untuk meningkatkan operasional bisnisnya.

Pemanfaatan teknologi sangat membantu operasional bisnis khususnya di tingkat pelanggan dalam proses pengukuran dan pelacakan konsumsi air secara real time.

BACA JUGA: Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Terancam Ditutup DPRD

“Dengan SWM ini, volume kubik air yang dikonsumsi pelanggan dapat terbaca secara akurat secara real time dan mendeteksi secara tepat waktu apakah akan terjadi kebocoran air dari pipa-pipa di fasilitas pelanggan,” kata Sudirman dalam siaran pers, Sabtu. (29 Juni).

Ia menambahkan, setelah menggunakan solusi digital SWM, jumlah pelanggan yang dijangkau semakin meningkat.

BACA JUGA: Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Mulai Tutup

Menurutnya, dari semula 1000 pelanggan di Depok, kini bertambah menjadi 7000 pelanggan yang dipantau secara real time menggunakan perangkat tersebut.

“Jadi ada 8.000 lokasi pelanggan yang akan kami kelola dengan solusi Smart Water Meter digital dari Indibiz Energi ini,” lanjut Sudirman.

BACA JUGA: Sadar bahwa air minum yang terlihat bersih belum tentu aman untuk diminum

Diakuinya, manfaat lain setelah menggunakan solusi digital Telkom Group adalah peningkatan brand image Tirta Asasta di perusahaan.

“Secara operasional, citra bisnis dan brand kami di mata masyarakat semakin membaik setelah menggunakan solusi digital dari Indibiz Energi,” lanjut Sudirman.

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Perumda Awards 2024 air minum bintang 5 dan TOP BUMD 2024 kategori khusus pelayanan pelanggan program instalasi gratis PDAM.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dilakukan langkah nyata untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasional melalui pengelolaan yang bertanggung jawab dan profesional.

Oleh karena itu, kata Sudirman, 4K menjadi prinsip operasional perusahaan yang dipimpinnya.

Pertama, kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan.

Solusi digital Smart Water Meter sangat berguna untuk implementasi 4K. Solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz Energi merupakan tambahan ekosistem Indibiz yang dapat digunakan oleh pelaku usaha di sektor energi, penyediaan air, dan manufaktur.

Bagi Telkom, kehadiran Indibiz Energi semakin memperkuat posisi Telkom yang saat ini fokus menggarap pasar business to business (B2B), khususnya pelaku usaha di sektor air, manufaktur, dan energi, khususnya bagi UKM di daerah-daerah. Indonesia. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Pemerintah didesak untuk meningkatkan informasi tentang bahaya bromat dalam air minum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *