Konsisten, Kemendikbudristek Kembali Gelar Keroncong Svaranusa

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Film, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali menggelar Keroncong Swaranusa 2024 untuk ketiga kalinya.

Direktur Film, Musik dan Media Ahmad Mahindra mengatakan tayangan tersebut merupakan upaya mendukung musik Kerunkong agar dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud Ambil Misi Kapal dengan KRI Devaruci

Ahmed Mahindra menjelaskan, musik Keronkong sebenarnya merupakan salah satu musik nusantara yang harus dilestarikan.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, apalagi generasi muda harus mulai mengenal dan memahami musik Keronkong lebih dalam. Dengan begitu akan timbul rasa memiliki dan rasa cinta sehingga kita bisa terus melestarikan salah satu kekayaan bangsa ini. ” kata Mahindra.

Baca Juga: 5 Artis Keronkong Raih Penghargaan, Elgina Paling Berprestasi

Mahindra menambahkan, pementasan tahun ini akan digelar terpisah di kawasan Banyumas.

Menurutnya, artis musik Kirunkong di wilayah Banyumas masih sangat aktif. Bahkan banyak sekali permintaan masyarakat untuk menghadirkan kembali musik keronkong ke daerahnya.

Ahmed Mahindra menjelaskan musik keronkong dari Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas hingga Cilacap masih sangat hidup.

“Tentu saja memperkenalkan Keroncong Swaranusa di tingkat nasional akan menjadi hal yang menarik sebagai pemacu masyarakat untuk selalu mencintai musik keroncong,” kata Mahindra.

Sebelumnya, setelah dilaksanakan di Kota Magelang, Solo, dan Semarang pada tahun 2022 serta di Kabupaten Kedera, Jawa Timur pada tahun 2023, Keronkung Swaranusa tahun ini akan diselenggarakan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada tanggal 29 Juni 2024 dengan mengusung tema “ Bhinika Tonggal Erama, Ora Keronkung Ora Kebinak.”

Keroncong Swaranusa 2024 kali ini diawali dengan Roadshow Kabupaten Tegal pada tanggal 1 Juni 2024 yang dilaksanakan di Limited Coffee and Eatery, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dengan sasaran para pecinta musik keroncong Pantura.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan album Swaranos pada awal Juni melalui Wirakaria Swaranos yang diikuti oleh 30 musisi dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Setelah menjalani proses karantina selama tiga hari di Baturadin, Provinsi Banyumas, para peserta meracik melodi dan lirik hingga mampu merekam delapan lagu kerunkong orisinal baru yang dibawakan oleh musisi dan penyanyi generasi muda.

Puncak acara Keroncong Swaranusa 2024 akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024, di Menara Pengamatan Porvokerto Teratai, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *