Kadin Indonesia Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas

saranginews.com, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) terus mendukung pemberdayaan UMKM agar bisa naik ke level berikutnya. Sehingga bisa menembus pasar dunia.

Komitmen tersebut telah dibuktikan oleh Kadin Indonesia mulai tahun 2022 melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional. yang telah diterapkan dalam proyek WikiWirausaha dan WikiÉkspor

Baca selengkapnya: Kadin bekerja sama dengan Privy Council untuk mendorong perlindungan konsumen melalui identitas digital

UMKM harus terus diberdayakan. Sebagai tumpuan dan basis perekonomian negara, UMKM Indonesia menyumbang 61% PDB Indonesia dan menyerap 97% total tenaga kerja.

“Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu tujuan utama Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia. Dalam keterangan resminya, Sabtu (29/6), “Di tengah kondisi Indonesia yang dilanda pandemi COVID-19, UMKM terbukti mampu menopang perekonomian kita.”

Baca Juga: KADIN Ungkap Informasi Suplemen Penguat Sektor Pertanian.

Upaya ini dilakukan melalui berbagai cara seperti pelatihan, bimbingan. Keterbukaan akses permodalan dan pasar Selain itu, pemanfaatan teknologi digital juga menjadi perhatian utama.

Ia menambahkan: WikiEntrepreneurship merupakan platform berbasis direktori bagi para pemangku kepentingan mulai dari pelaku UMKM, perusahaan besar, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menghubungkan dan mendukung UMKM untuk berkembang.

Baca selengkapnya: Manfaat DBHCHT Bea dan Cukai Parepare untuk mengedukasi UMKM tentang kepabeanan.

Pelaku UMKM yang berpartisipasi akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan. juga mengakses permodalan dan membangun jaringan melalui wikiwirasauha.id 

Hingga saat ini sudah lebih dari 600 UMKM yang dilatih melalui platform wikiwirasauha.id, ujarnya.

WikiExport merupakan inisiatif yang dikembangkan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia mulai Oktober 2022 bersama dengan Gerakan Kemitraan Inklusif.

Inisiatif kolaboratif ini merupakan upaya untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas UMKM serta membuka akses ke pasar global.

Saat ini, lebih dari 200 UMKM mendapatkan pendidikan dan pelatihan ekspor terakreditasi melalui platform tersebut. wikiexport.JP (learning wiki) dan wiki Do siap melakukan pencocokan bisnis dengan calon pembeli dan mitra asing.

Komitmen Kadin Indonesia terhadap pengembangan UMKM diwujudkan dengan mengakui netralitas Kadin Indonesia terhadap UMKM lokal.

Hal ini terjadi setelah adanya misinformasi mengenai dukungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia terhadap pameran baru “China Homelife Indonesia”.

Dalam hal ini, Yukki Nugrahawan Hanafi, Wakil Presiden Corporate Affairs, Hukum dan Komunikasi Kadin Indonesia menyatakan, pihaknya belum pernah menandatangani kerja sama dalam menggelar pameran.

Yuki mengungkapkan, pihaknya menemukan beberapa disinformasi yang dimuat di media mengenai isu tersebut.

Pertama, penggunaan logo Kadin secara tidak sah dalam materi promosi pameran produk China di akun media sosial PT Morient Exhibition International.

Kedua, disinformasi terkait pernyataan Larissa Zhou, Managing Director PT Meorient Exhibition International yang menyebut Kadin sebagai salah satu sponsor pameran.

Kadin Indonesia telah melakukan penelitian dengan otoritas terkait. dan sudah berkomunikasi dengan pihak terkait untuk memperjelas situasinya,” kata Yukki (esy/jpnn).

Baca artikel lainnya… HUT ke-32 BRI-MI dan PNM Keluarkan TJSL untuk Pemberdayaan Perempuan UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *