Hajar Kosta Rika 3-0, Kolombia Melaju ke Perempat Final Copa America 2024

saranginews.com – Jakarta – Timnas Kolombia mengalahkan Kosta Rika 3-0 pada laga kedua Grup D Copa America 2024 di State Farm Stadium Arizona, Sabtu pagi WIB.

Dengan hasil ini, Kolombia mengoleksi enam poin dari dua laga dan bakal melaju ke babak perempat final Copa America 2024.

Artikel terkait: Copa America 2024: Partai Brasil vs Paraguay

Pada laga tersebut, gol Luis Diaz, Davinson Sanchez, dan John Cordova membuahkan kemenangan antara Kolombia dan Kosta Rika.

Berkat kemenangan ini, Kolombia mempertahankan keunggulannya di Grup D Copa America 2024 dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Kosta Rika berada di urutan kedua dengan satu poin.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Copa America 2024: Brasil Kalah, Kolombia Menang

Secara statistik, Kolombia mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola 64 persen dan total melakukan 15 tendangan, lima di antaranya tepat sasaran.

Kolombia memimpin di babak pertama dan menciptakan peluang melalui sundulan Luis Diaz, namun bola tetap berada di sisi gawang.

Baca juga: Kosta Rika Vs Jerman: Senyuman Hansi Flick di Tengah Frustrasi

Tim asuhan Nestor Lorenzo kemudian menciptakan peluang melalui tembakan Davinson Sanchez, namun bisa diblok oleh pertahanan Kosta Rika.

Kolombia terus menekan pertahanan Kosta Rika dan menciptakan peluang melalui tendangan bebas James Rodríguez, namun berhasil diselamatkan oleh kiper Kosta Rika Patrick Sequeira.

Kolombia memiliki peluang besar untuk memimpin ketika Sequeira melakukan pelanggaran terhadap John Cordoba di dalam area terlarang dan mendapat hadiah penalti.

Luis Diaz yang ditunjuk sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik meski tembakannya berhasil ditepis Sequeira dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Kolombia pada menit ke-31.

Usai unggul satu gol, Kolombia terus menggempur pertahanan Kosta Rika, namun skor tetap bertahan 1-0 hingga turun minum.

Kolombia terus menyerang di babak kedua, namun Kosta Rika menciptakan ancaman pertama melalui tendangannya yang gagal menjebol gawang Orlando Gallo.

Kolombia berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-59 setelah sundulan Davinson Sanchez menyambut umpan John Arias, membuat skor menjadi 2-0.

Hanya tiga menit kemudian, Kolombia memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-62 ketika John Cordoba memanfaatkan umpan James Rodríguez dan mencetak gol dengan kaki kanannya.

Kolombia terlihat lebih unggul di sisa pertandingan, namun meski Kosta Rika berkali-kali mencoba memperkecil ketertinggalan, skor tetap bertahan 3-0 hingga peluit akhir berbunyi.

Kolombia selanjutnya akan menghadapi Brasil pada laga terakhir Grup D pada Rabu (3/7) pukul 08.00 WIB, sedangkan Kosta Rika akan menghadapi Paraguay di tanggal dan waktu yang sama.

Kolombia perlu mengamankan hasil imbang dengan Brasil untuk melaju ke perempat final sebagai juara grup. (Antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *