Tokoh Muhammadiyah Inginkan Irman Gusman jadi Senator Lagi

saranginews.com – JAKARTA – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas menilai Irman Gusman layak kembali menjadi senator.

Imam kelahiran Sabuk Hamsin ini mengatakan, Irman pantas tampil di kancah politik nasional karena mewakili masyarakat Sumbar.

BACA JUGA: Prof Jimly ingatkan KPU untuk melaksanakan keputusan MK terhadap Irman Gusman

Selain mewakili Muhammadiyah, Irman juga dinilai memiliki kemampuan lobi yang baik dan jaringan yang luas di tingkat internasional.

“Pak Irman adalah orang yang tepat. Kandidat lain tidak terlalu terlihat,” kata Buya Anwar, Jumat (28/6).

BACA JUGA: Menang dari MK, Irman Gusman hadiri wisuda putrinya di Amerika Serikat

Hal ini disampaikannya untuk menyikapi keputusan Pimpinan Daerah (PWM) Muhammadiyah Sumbar yang merekomendasikan agar warga Muhammadiyah memilih Irman Gusman dalam pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan DPD Daerah Pemilihan ‘Barat. Sumatera (dapil).

Menurut Buya Anwar, Irman memiliki pengalaman menjabat Ketua DPD RI, serta jabatan strategis lainnya.

BACA JUGA: Mantan Ketua MK Yakin Irman Gusman Berhak Ikut Pemilu DPD PSU di Sumbar

“Masyarakat Sumbar membutuhkan sosok-sosok di tingkat nasional yang mampu memberikan dampak bagi kehidupan berbangsa, bernegara, dan juga daerah pemilihannya,” ujarnya.

Buya, 69 tahun, mengatakan Irman bisa kembali ke DPD RI jika mampu melakukan komunikasi intensif dengan masyarakat Sumbar.

Dengan komunikasi yang intensif dan interaksi langsung, Irman akan mampu mempertahankan dukungan politik seperti Datuak Rajo Nan Labiah dan Tuanku Besar Palinduang Alam.

Irman dinilai sebagai sosok yang baik dalam membangun jaringan dan komunikasi. “Irman memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi sosok terkemuka di masyarakat Sumbar,” ujarnya.

Buya Anwar juga menyarankan agar dilakukan survei yang melibatkan berbagai kelompok peserta agar Irman mendapat masukan akurat mengenai apa yang perlu dilakukan untuk memperkuat dukungan masyarakat.

Sebelumnya PWM Sumbar sudah mengeluarkan rekomendasi. Isi rekomendasinya, agar Irman Gusman didukung dan dipilih oleh warga Muhammadiyah menjadi anggota DPD RI, di PSU pada 13 Juli 2024. Surat bernomor 215/REK/II.0 /D/2023 ditandatangani oleh Wakil Ketua Ki Jal Atri Tandjung dan Sekretaris H. April.

“Kami dari pimpinan daerah menghimbau kepada seluruh warga serikat untuk memilih Pak Irman yang direkomendasikan oleh Muhammadiyah,” kata Wakil Ketua PWM Sumbar yang membidangi LHKP, Yosmeri.

Menurutnya, Irman Gusman layak direkomendasikan karena merupakan kader kandung Muhammadiyah.

“Orang tua Pak Irman adalah tokoh Muhammadiyah. Jadi, istilahnya Muhammadiyah itu 24 karat, ujarnya.

Irman Gusman juga dinilai banyak berjasa besar bagi Muhammadiyah. “Kontribusinya terhadap Muhammadiyah, termasuk Sumbar, sangat luar biasa,” kata Yosmeri.

Menurut Yosmeri, rekomendasi tersebut telah disosialisasikan ke seluruh jajaran organisasi. Kita mulai dari daerah, wilayah, cabang, hingga cabang Muhammadiyah.

“Bukan hanya Muhammadiyah, tapi Aisyiah juga,” kata Yosmeri.

“Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memulihkan hak Pak Irman sebagai calon, kami memberikan rekomendasi,” imbuhnya. (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *