SIG Ekspansi Bisnis di IKN dengan Kepemilikan 20,9% Saham PT KLN

saranginews.com, JAKARTA – PT Semen Indonesia (SIG) memperluas bisnisnya di IKN melalui perusahaan patungan dengan investasi Rp 22,5 miliar di PT Karya Logistik Nusantara (KLN) melalui kebijakan hak yang dilakukan KLN.

Dengan demikian, SIG masuk dalam posisi pemegang saham KLN dengan kepemilikan saham sebesar 20,9% dan memperkuat posisi perusahaan dalam menyediakan bahan bangunan dan solusi berkelanjutan untuk pengembangan industri di IKN.

BACA JUGA: Hadir di Makassar, SIG Dukung BUMN Impact Workshop

Dukungan IKN dalam pengembangan gedung ramah lingkungan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi SIG, khususnya terkait penggunaan produk SIG yang dirancang rendah karbon sehingga memperbaiki lingkungan.

Dengan cara ini, proyek-proyek di IKN akan menjadi peluang bagi SIG untuk menunjukkan kepemimpinan di bidang produk bangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: Menteri Airlangga Dipuji karena Pelabuhan Peleburan Gratis & Uang Emas Besar

Penanaman modal SIG di KLN ditandai dengan ditandatanganinya Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Pemegang Saham KLN oleh Direktur Utama SIG Donny Arsal dan CEO KLN Fery Hendriyanto bersama enam pemegang saham KLN.

Mereka adalah Direktur Jenderal PT Hutama Karya, Budi Harto; Direktur Utama PT Wijaya Karya, Agung Budi Waskito; Direktur Utama PT Adhi Karya, Entus Asnawi Mukhson; Direktur Jenderal PT Pembangunan Perumahan, Novel Arsyad; Direktur Utama PT Brantas Abipraya, Sugeng Rochadi; dan Direktur Utama PT Nindya Karya, Moeharmein Zein Chaniago, di Habitare Apart Hotel Rasuna, Jakarta, Kamis (27/6).

BACA JUGA: Gandeng Forum Golden Friends Peduli Sampah Indonesia, Pegadaian Salurkan Eco-enzyme di Danau Batur

Budi Harto merasa senang dengan partisipasi SIG yang diharapkan dapat memperkuat kapasitas KLN dalam melaksanakan pengembangan IKN.

“KLN fokus pada pemenuhan kebutuhan proyek-proyek Pemerintah, termasuk integrasi seluruh material dan manajemen untuk mendukung kualitas pasokan. Partisipasi SIG dalam mendukung KLN akan sangat berkontribusi terhadap pengembangan IKN,” kata Budi Harto.

Sementara itu, Donny Arsal mengatakan, keterlibatan SIG dalam right issue ini merupakan tindak lanjut dari upaya menciptakan ekosistem berbasis sinergi untuk bisnis berkelanjutan.

Dengan memiliki saham di KLN, SIG memperkuat posisinya dalam menyediakan produk bangunan dan solusi berkelanjutan bagi pengembangan IKN.

“Hal ini merupakan bentuk kekuatan SIG untuk mendorong terwujudnya konstruksi berkelanjutan melalui penggunaan produk dan solusi yang lebih baik, seperti ide yang diusung Pemerintah untuk terciptanya IKN yang menjadi model kota berkelanjutan di Indonesia. “SIG memiliki material bangunan yang ramah lingkungan dan solusi inovatif untuk membangun bangunan yang tahan lama dan rendah karbon,” kata Donny.

Masuknya SIG ke KLN merupakan kelanjutan upaya SIG dalam mendukung IKN setelah bekerjasama dengan PT Bina Karya dalam menyediakan solusi konstruksi meliputi produk semen dasar, semen hijau, produk semen dan bahan bangunan yang dikelola oleh Direktur Jenderal. SIG, Donny Arsal dan Dirjen Bina Karya Boyke Prasetyanto di Menara Timur, Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024.

“SIG akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra utama dalam pengembangan IKN untuk mempromosikan berbagai produk dan solusi bahan bangunan rendah karbon, termasuk meningkatkan efisiensi banyak jaringan produksi dan distribusi SIG yang dapat melayani kebutuhan pembangunan setiap wilayah di Indonesia. “Jadi, selain produknya yang berkualitas tinggi dan rendah karbon, SIG mempunyai keunggulan tambahan berupa pasokan dan pengiriman yang tepat waktu,” kata Donny Arsal (chi/jpnn).

BACA LEBIH LANJUT… SIG Menciptakan Peluang Pertumbuhan dan Ekspansi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *