Menteri Basuki Tol Solo-Yogyakarta Mulai Beroperasi Bulan Depan

saranginews.com, YOGYAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tol Solo-Yogyakarta akan mulai beroperasi pada Juli 2024.

Menurut dia, tol tersebut hanya bisa digunakan hingga Klaten di Jawa Tengah.

BACA JUGA: Pindah ke Tol Solo-Ngavi, Tim Bea Cukai Surakarta Buktikan Banyak

“Kita berharap Juli ini bisa lari Solo-Yogyakarta hingga Klaten (23 kilometer),” kata Menteri Basuki Balairungda di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pembukaan tol Solo-Yogyakarta bisa dilakukan secara bertahap dan tidak perlu menunggu seluruh ruas jalan selesai.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Solo-Yogyakarta meninjau persiapan jalan tol yang berfungsi jelang Idul Fitri

“Iya, dari pada nunggu tol selesai semua, harus diselesaikan bertahap. Berapa biaya tol Cibitung-Cilicing, mana yang lebih dulu selesai, akan dibuka,” ujarnya. .

Menurut Basuki, mengingat jalan tol merupakan aset investasi negara, maka infrastruktur tersebut harus segera dioperasikan.

BACA JUGA: Warga di sekitar proyek Tol Solo – Yogyakarta jangan sampai tergiur dengan spekulan tanah

“Karena itu investasi, kalau tidak dibuka tidak dioperasikan, sehingga tidak ada pendapatan. Setiap gate to gate bisa kita operasikan, panjangnya 23 kilometer,” ujarnya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga menargetkan pembangunan tol Solo-Yogyakarta Seksi 1 yang menghubungkan Solo-Klaten-Purwomartani sepanjang 42,3 km selesai pada akhir tahun 2024.

Total panjang tol Solo-Yogyakarta sepanjang 96,57 km menghubungkan Solo dengan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Sambut Natal, Pj Gubernur Jateng Tol Solo-Yogyakarta akan resmi dibuka mulai 22 Desember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *