Kunjungi BCA Learning Institute, Menaker Ida Ajak Dunia Usaha Gelar Program Pemagangan

saranginews.com, SENTUL – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengunjungi BCA Learning Institute (BLI) di Sentul, Bogor, Jumat (28/6).

Kunjungan tersebut untuk melihat langsung proses pemagangan dan sebagai bentuk apresiasi terhadap program pemagangan yang diselenggarakan oleh lembaga.

BACA JUGA: Kementerian Tenaga Kerja dan SDK siap bekerjasama dengan Regsosek Data

“Kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk melihat langsung bagaimana proses pemagangan yang dilaksanakan di BLI BCA,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Ia mengatakan, Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan, antara lain bonus demografi, ketidaksesuaian penyiapan sumber daya manusia, dan perkembangan industri di era digital.

BACA JUGA: Menteri Tenaga Kerja Ida ingatkan perempuan pentingnya pemeriksaan IVA secara rutin

Berbagai tantangan tersebut tidak akan terselesaikan hanya dengan kerja pemerintah saja.

Oleh karena itu, ia mengajak dunia usaha dan dunia industri untuk terlibat aktif dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia melalui program pemagangan.

BACA JUGA: Menteri Ketenagakerjaan Ida: Kurban Bukan Sekadar Ritual, Tapi…

“Menyiapkan keterampilan dan kompetensi tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab dunia usaha dan industri”, kata Ida.

Menurut Ida Fauziyah, pemagangan di dunia industri harus terus digalakkan karena pemagangan sangat cocok untuk meningkatkan keterampilan, baik bagi pekerja/pekerja yang sudah bekerja maupun bagi calon pekerja.

Menurutnya, pemagangan dapat memudahkan transisi dari pelatihan kejuruan ke pekerjaan, menyesuaikan keterampilan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja, meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan menghemat biaya perekrutan dan pelatihan ulang.

“Jadi tujuan utama dari program pemagangan ini adalah menjadikan pesertanya terampil, berpengalaman dan siap bekerja atau menjadi wirausaha,” pungkas Menaker Ida. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Menaker Ida Fauziyah Soft Launching SMK Industri Asy-Syarif Mitra, Begini Harapannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *