Irwan Mendorong Peningkatan Kerja Sama Internasional untuk Memajukan Upaya Konservasi Hutan

saranginews.com – Anggota DPR RI Kalimantan Timur Irwan Fecho mengatakan konservasi hutan merupakan mitigasi jangka panjang negara untuk mencegah kerusakan lingkungan dan menjamin kelestarian ekosistem hutan.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan melalui pelestarian, perlindungan, dan pengelolaan sumber daya hutan dalam jangka panjang demi kelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistem serta manfaat ekologi, ekonomi, dan sosial budaya.

BACA JUGA: Irwan Fecho yakin reformasi pertanahan kerajaan dan anti-mafia akan lebih maju di bawah kepemimpinan Prabowo

Oleh karena itu saya sangat bersyukur Pak Prabowo memasukkan isu prioritas harmonisasi kehidupan selaras dengan lingkungan, alam, dan budaya dalam ASTACITA-nya pada Pilpres kemarin, kata Irwan di Jakarta, Sabtu (28/6).

Hal tersebut diungkapkan legislator Partai Demokrat itu menanggapi tantangan yang dihadapi pemerintah dalam pelestarian hutan di tengah permasalahan iklim global.

BACA JUGA: Jokowi Undang KPK Usut Korupsi Ketua Bansos Sahroni: Lengkap

Ia juga berpendapat bahwa peningkatan kerja sama internasional sangat penting dan harus menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan konservasi hutan.

“Selain pentingnya peran masyarakat dalam melindungi keanekaragaman hayati, sangat penting untuk meningkatkan kerja sama dan pendanaan internasional untuk memajukan upaya konservasi hutan di Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA: Dianggap Pemerasan dan Penerima Suap, SYL Divonis 12 Tahun Penjara

Peraih PhD bidang kehutanan ini mengatakan, Indonesia harus dilihat dan diposisikan sebagai negara penting bagi keanekaragaman hayati global dan stabilitas iklim.

“Agar lebih optimal, kita (Indonesia) harus menjadi yang terdepan dalam isu dan aksi global terkait konservasi hutan,” ujarnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Irwan menilai pemerintahan Indonesia masa depan di bawah kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto harus memperkuat hubungan internasional di bidang lingkungan hidup.

“Kita juga harus mampu menyediakan sumber daya, keahlian, dan dukungan politik yang diperlukan untuk mengatasi tantangan konservasi yang kompleks,” ujarnya.

Dengan menerapkan strategi tersebut, ia yakin Indonesia dapat meningkatkan kerja sama internasional dan pendanaan untuk konservasi hutan secara signifikan.

“Hal ini juga memastikan bahwa Indonesia tidak hanya mengatasi tantangan lingkungan, tetapi juga berkontribusi terhadap upaya keberlanjutan global,” kata Irwan Fecho (fat/jpnn) dalam video terpopuler hari ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *