Copa America 2024: Bungkam Amerika Serikat, Panama Buka Peluang ke Perempat Final

saranginews.com – JAKARTA – Laga Panama kontra Amerika Serikat di Grup C Copa America 2024 berakhir dengan skor 2-1. Panama membuka peluang melaju ke perempatfinal Copa America 2024 usai Amerika Serikat terdiam di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, Georgia, Jumat pagi WIB.

Tuan rumah AS yang mengincar kemenangan untuk mengamankan tiket ke perempat final langsung melancarkan serangan sejak awal pertandingan dengan Christian Pulisic, Folarin Balogun, dan Thimothy Wea di lini depan.

BACA JUGA: Uruguay vs Bolivia 5-0, Cek Klasemen Grup Copa America 2024

Sebuah gol tercipta setelah pertandingan baru berjalan beberapa menit melalui tendangan keras Weston McKennie. Namun setelah menyaksikan video asisten wasit (VAR), wasit Ivan Barton menganulir gol tersebut karena Tim Ream berada dalam posisi offside.

Pasukan Greg Berhalter mengalami kekalahan ketika Thimothy Wea dikeluarkan dari lapangan oleh wasit setelah mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran serius dengan menyerang pemain Panama Roderick Miller.

BACA JUGA: Panama vs AS: Dinodai 2 kartu merah, tuan rumah Copa America 2024 kalah

Pulisic dan kawan-kawan terus berjuang untuk membuka keunggulan hingga mencetak gol pada menit ke-22 melalui tendangan keras Balagun yang tak mampu dibendung kiper Orlando Mosquera untuk menjadikan skor 1-0.

Usai kebobolan, Panama yang unggul jumlah pemain mulai membangun serangan balik cepat untuk menyamakan skor.

BACA JUGA: Copa America 2024: Ekuador mengalahkan Jamaika 3-1

Bek Panama Cesar Blackman yang membantu serangan berhasil mencuri gawang Amerika Serikat pada menit ke-26 dan mengubah skor menjadi 1-1.

Para pemain pelatih Thomas Christiansen yang menguasai bola tidak berhasil mencetak gol hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama.

Di babak kedua, Panama terus mendominasi penguasaan bola sekaligus menciptakan peluang untuk memasang si ‘kulit bulat’ di gawang Yanks yang dijaga Ethan Horvath.

Serangan demi serangan berhasil dibalas pertahanan AS hingga gol Jose Fardado pada menit ke-83 akhirnya dihadiahkan untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Memanfaatkan umpan silang Abdiel Ayarza, pemain pengganti Fajardo berhasil memasukkan bola ke gawang AS melalui tendangan di sisi kanan.

Panama berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan dan meraih 3 poin.

Kemenangan ini sekaligus membuka kans ke babak perempat final Copa America setelah kalah 1-3 dari Uruguay di leg pertama.

Los Canaleros memiliki satu pertandingan tersisa di babak penyisihan grup melawan Bolivia pada 2 Juli.

Sementara itu, nasib Amerika Serikat di babak selanjutnya akan bergantung pada hasil pertandingan melawan Uruguay yang juga akan berlangsung pada 2 Juli mendatang. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *