7 Khasiat Minum Air Garam, Wanita Pasti Suka

saranginews.com, Jakarta – Garam merupakan salah satu bahan masakan penting yang berfungsi untuk menambah cita rasa pada berbagai masakan.

Namun, pernahkah Anda meminum air garam? Minum air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan akibat pilek dan alergi.

Baca juga: 4 Manfaat Air Garam yang Menakjubkan

Namun, ada lebih dari itu. Kita semua membutuhkan natrium atau garam untuk menjaga fungsi cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Manfaat minum air garam banyak sekali.

Minum air yang dicampur garam meningkatkan hidrasi, keseimbangan elektrolit, dan pencernaan.

Baca juga: 5 Manfaat Garam, Lindungi Tubuh dari Serangan Berbagai Penyakit

Minum air garam juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari HealthShots.com.

Baca juga: 4 Manfaat Merendam Kaki Air Garam yang Akan Membuat Anda Terkejut1. Rehidrasi dan keseimbangan elektrolit

Minum air dalam bentuk apa pun membantu Anda tetap terhidrasi, tetapi minum air garam juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit.

Agar berfungsi optimal, tubuh manusia memerlukan keseimbangan elektrolit yang tepat, termasuk natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi air garam dalam jumlah sedikit, ini dapat membantu mengisi kembali elektrolit penting yang hilang selama olahraga, cuaca panas, atau penyakit.

Otot, saraf, dan sistem tubuh Anda akan bekerja lebih efisien jika Anda minum air garam. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat terbesar dari air garam adalah jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas dapat membantu melancarkan pencernaan.

Sebuah studi tahun 2010 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa air garam dapat membantu memperlancar buang air besar.

Hal ini dapat meningkatkan sekresi cairan pencernaan, yang akan membantu memecah makanan di perut dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Selain itu, membantu mengatur tingkat pH lambung, yang penting untuk pencernaan terbaik.3. DetoksifikasiAwal

Keuntungan menambahkan garam pada air minum adalah memiliki sifat detoksifikasi, yang dapat membantu mengeluarkan senyawa beracun dari tubuh melalui keringat.

Selain itu, air garam dapat mengaktifkan ginjal dan hati, membantu tubuh membuang limbah.

Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.4. baik untuk kulit

Salah satu manfaat terbaik dari minum air garam adalah juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Jika dioleskan, air garam dapat membantu mengelupas dan merevitalisasi kulit, mengurangi gejala jerawat, psoriasis, dan eksim.

Namun, meminum air garam dapat membuat kulit lebih bersih dan sehat dengan membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh, mengurangi peradangan, dan menghilangkan racun.5. Mencegah gangguan pernafasan

Saat kita mengalami iritasi sekecil apa pun di tenggorokan, ibu kita selalu menganjurkan untuk berkumur dan minum air garam hangat.

Menurut penelitian in vivo, air garam menghambat respons imunoglobulin E (IgE), histamin, dan sitokin proinflamasi, yang juga dapat menyebabkan alergi.

Air garam membantu memecah lendir, mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa tidak nyaman.

Ini dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan pernapasan secara keseluruhan, menjadikannya pengobatan rumahan yang potensial untuk pilek, alergi, dan penyakit pernapasan lainnya. Mempromosikan penurunan berat badan

Tidak secara langsung, namun minum air garam yang cukup secara tidak langsung dapat membantu dalam pengelolaan berat badan.

Ini dapat membantu Anda membersihkan sistem pencernaan dan menghilangkan racun dan limbah, yang berkontribusi dalam menjaga berat badan yang sehat.7. mengurangi stres

Air garam diketahui memiliki efek mendinginkan dan menenangkan.

Ini membantu meningkatkan relaksasi dan mengurangi tingkat stres. Mineral dalam air garam, seperti magnesium, memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, membantu Anda merasa tenang dan meningkatkan kesehatan mental.(fny/jpnn)

Baca artikel lainnya… 6 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Garam, Penyebab Penyakit Ini Bisa Menyerang Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *