Test Ride Yamaha Nmax ‘Turbo’ di Sirkuit: Sensasinya Tidak Biasa

saranginews.com, Jakarta – Meski tidak mengikuti sesi bedah teknis, kami berkesempatan merasakan langsung sensasi berkendara Yamaha NMAX ‘Turbo’ generasi terbaru.

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengundang saranginews.com untuk live test Yamaha NMAX Turbo di Sirkuit Karting Sentul, Bogor pada Kamis (27/6).

Baca Juga: Penjualan E-Commerce Yamaha NMAX Turbo Monster

Assistant General Manager, Marketing, YIMM mengatakan, “Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman media, setelah peluncuran, bedah teknis dan kini Anda benar-benar bisa merasakan Yamaha NMAX Turbo di lintasan, khususnya teknologi YECVT. ” Humas Antonius Widiantoro saat test drive di lintasan Sentul.

Ia menuturkan, tujuannya agar awak media merasakan kenyamanan berkendara dan handling motor saat berada di lintasan, serta merasakan keganasan performa mesin VVA Blue Core 155 cc generasi terbaru yang dibekali YECVT. Teknologi penggantian sistem CVT tradisional.

Baca juga: Yamaha NMAX Turbo Tech Max Ultimate Adopsi Fitur Mobil Mewah

Pada sesi test ride, kami berkesempatan menjajal seluruh varian NMX terbaru Yamaha, NMX Neo S, NMX Turbo Tech Max dan kedua varian NMX Turbo Tech Max Ultimate.

Di atas kertas, output ketiga model sebenarnya sama, yakni 11,3kW pada 8000rpm dan torsi puncak 14,2Nm pada 6500rpm.

Baca juga: 1000 Yamaha NMAX Turbo Ludes Hanya Dalam 40 Menit!

Fitur Cerdas Nmax “Turbo”

Namun yang membedakan adalah teknologi YECVT yang hanya diterapkan di Yamaha NMAX Turbo Tech Max.

Kemudian, pada Enmax Turbo Tech Max Ultimate Limited Edition dipasang peredam yang berfungsi untuk mengoptimalkan handling dan kestabilan saat bermanuver.

Teknologi YECVT pada Enmax “Turbo” memberikan dua peningkatan fitur yang memberikan sensasi benturan bertenaga saat menekan gas.

Fitur pertama adalah mode berkendara yang memiliki dua pilihan berkendara, T-Mode (City) dan S-Mode (Sport).

Opsi T-Mode terasa empuk. Artinya cocok untuk berkendara sehari-hari dalam kota.

Sensasi “Turbo”.

Namun saat kita ingin merasakan sensasi tendangan turbo NMax, pilihannya adalah S-Mode. Sakelar mode daya ada di kiri depan.

Kemudian, fungsi kedua adalah Y-Shift yang dapat membantu pengemudi mencapai akselerasi atau deselerasi lebih cepat di 3 level (1-rendah, 2-sedang, 3-tinggi).

Dalam S-Mode, ketika throttle diputar, respons dan penyaluran tenaga meningkat secara dramatis.

Jadi untuk meningkatkan pengalaman “turbo” pada Enmax generasi terbaru, fungsi Y-Shift dapat diaktifkan dengan dua cara, yaitu dengan menekan tombol Y-Shift secara manual di sebelah kiri (di bawah saklar klakson) atau dengan menekan throttle secara agresif. Dengan memutar formulir. ,

Kemudian untuk meningkatkan kekuatan pukulan dari level 1 (low) ke 2 (medium), 3 (high) kita lakukan dengan menekan tombol Y-Shift.

Menurut kami, fitur ini cocok digunakan saat ingin menyalip kendaraan lain. Sepeda motor menjadi lebih mudah menerima tenaga tambahan.

Anda juga dapat menggunakan fungsi Y-Shift untuk menghentikan mesin lalu memperlambatnya. 

Saat kami uji, berguna saat menikung untuk membantu pengereman, atau saat berkendara, fitur ini sangat cocok saat di jalan menurun.

NMX Turbo Tech Max Ultimate

Setelah menyelesaikan sekitar tiga putaran, kami beralih ke model Enmax Turbo Tech Max Ultimate.

Dari segi performa dan fitur tidak ada bedanya dengan varian NMax Turbo Tech Max, namun dari segi kestabilan menikung pasti berbeda.

Kemudi lebih stabil dan tidak menyimpang saat menikung karena adanya peredam kejut.

Part ekstra ini juga bagus untuk meredam getaran atau body roll yang terjadi saat sepeda melaju di medan berat. (RDO/JPNN)

Baca artikel lainnya… Yamaha NMAX Turbo Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *