Terpilih Ketum ISMI, Ilham Habibie Berjanji Dongkrak Kinerja UKM

saranginews.com – Dr. Tn. Ilham Akbar Habibie diangkat kembali menjadi Ketua Jenderal Ikatan Pedagang Muslim Indonesia (ISMI). Ia akan memimpin ISMI selama lima tahun ke depan mulai tahun 2023 hingga 2028. 

“Program ISMI mendukung pengusaha kecil dan menengah (UKM), seperti sektor agro, real estate, dan dunia usaha. Lima tahun ke depan, kami juga akan mendorong UKM menjadi UKM,” kata Ilham Habibie usai upacara di Jakarta, Rabu (26/6).

BACA JUGA: Sutarmidji berharap silabus ISMI berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Bersamaan dengan pelantikan Ilham Habibie, hadir pula Pengurus Pusat (MPP) ISMI periode 2023-2028 yang disaksikan ratusan anggota ISMI di Aula Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta. Ilham terpilih menjadi staf administrasi pada Musyawarah Nasional (Munas) III yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali pada akhir tahun 2023.

“Peran UKM sangat penting untuk mencapai Indonesia maju pada tahun 2045,” ujarnya.

BACA: Ciptakan ISMI Sumut, Ivan Iskandar Gandeng Seluruh Anggotanya

Menurutnya, untuk mencapai tujuan besar menuju Indonesia Emas pada tahun 2045, perusahaan perlu melakukan pemberdayaan. UKM atau perusahaan kecil yang bekerja dalam konteks ini. 

“UKM berperan dalam lingkungan industri,” ujarnya. 

BACA JUGA: Dukung UKM, Menteri Keuangan Sri Mulyani: Perempuan Harus Diberdayakan

Ilham sangat yakin bahwa peran industri menjadi kunci Indonesia menjadi negara maju. Hal ini terjadi di negara-negara maju, khususnya negara-negara maju di Asia. Negara-negara tersebut mempunyai karakteristik serupa. 

“Kita tahu banyak negara-negara maju di dunia. Ciri-cirinya sama, mesin atau motornya pabrik. Jadi kalau kita lihat di Asia, terutama Jepang, Korea Selatan, China maju karena perusahaannya. ,” kata Ilham Habibie.

Oleh karena itu, dengan semangat yang sama, ISMI akan terus mendukung semangat inovasi khususnya UKM dengan berbagai program yang telah disetujui untuk periode kepengurusan 5 tahun ini.

Ikatan Pedagang Muslim Indonesia merupakan organisasi pedagang muslim seluruh Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh 4 organisasi terbesar di Indonesia yaitu NU, Muhammadiyah, MUI dan ICMI.

ISMI didirikan dengan tujuan untuk menciptakan dunia usaha internasional yang kuat dan dinamis untuk mewujudkan bangsa yang sejahtera lahir dan batin. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *