Rekrutmen PPPK 2024 Ada Sistem Paruh Waktu? Ini Bocorannya

saranginews.com, Jakarta – Belum diketahui kapan rekrutmen PPPK 2024 akan berlangsung.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullahi Azwar Anas hanya memberikan targetnya untuk periode Juni-Juli 2024.

Baca Juga: Banyak Guru Honorer Belum PPPK, Gaji Seharusnya Tak Dari BOS, Apa yang Harus Dilakukan?

Banyak pekerja jujur ​​yang menduga belum ada jadwal rekrutmen PPPK tahun 2024 karena menunggu aturan penerapan sistem PPPK paruh waktu dan penuh waktu. 

“Teman-teman bertanya-tanya apakah rekrutmen PPPK 2024 ini sistemnya paruh waktu agar bisa menampung seluruh penerima honorer sehingga bisa selesai Desember 2024,” kata Sekretaris Forum Kehormatan Staf Teknis Pengurus K2 Norpete kepada saranginews.com. Kamis (27/6). 

Baca Juga: 5 Berita Teratas: Jabatan Kehormatan Diisi 2027, PPPK Paruh Waktu, Ada Apa? Komisi Pemberantasan Korupsi dibekukan

Di sisi lain, banyak pejabat daerah yang menyatakan dengan adanya perjanjian kerja paksa (PPPK) tahun ini, maka penggunaan pegawai pemerintah tidak lagi bersifat paruh waktu.

Artinya, pelatihan yang diusulkan adalah PPPK penuh waktu. 

Baca juga: Pemkot Ambon Bayar Gaji 13 PNS dan PPPK Rp 24,7 Juta

Menurut Plt Wali Kudus M Hasan Chabibi, sejauh ini belum ada pedoman dari Pusat mengenai penunjukan PPPK paruh waktu dan penuh waktu. 

Di wilayah Kudos, kebutuhan CASN tahun 2024 yang paling banyak diusulkan adalah untuk kerjasama pemerintah-swasta, bahkan prioritasnya adalah untuk guru dan tenaga kependidikan (tenda), termasuk penjaga sekolah, operator dan lain-lain. 

“Formasi KPBU 2024 sebagian besar terdiri dari guru dan tenaga teknis, termasuk pekerja. Selain itu juga ada tenaga kesehatan,” ujarnya. 

Ia menambahkan, saat ini Kabupaten Kudus menunggu pengesahan lembaga yang diajukan Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Wakil Wali Kota Tangsel (Tangsil) H. Pilar Saga Ichsan juga mengatakan, tidak ada instruksi paruh waktu dan penuh waktu terkait rekrutmen PPPK 2024. 

Prinsipnya, kata Pilar Saga Ichesan, Tangsel menunggu arah pusat. 

“Tahun ini Tangsel hanya mempekerjakan PPPK seperti tahun lalu. Tidak ada pekerja paruh waktu karena tidak ada instruksi dari pusat,” tutupnya. (esy/JPNN) 

Baca artikel lainnya… Pengangkatan Kehormatan PPPK Akan Terisi pada 2027 Wow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *