PKB Tolak Sohibul, Syaikhu Yakin Anies Bakal Berpihak kepada PKS

saranginews.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Keadilan Samurdhi (PKS) Ahmad Sjaikhu menanggapi pengumuman DPV Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang tak mau menunjuk Wakil Ketua Dewan PKS Suro Mohammad Sohibul Iman. Anies Baswedan bersama Gubernur.

Menurut Siyaku, pihaknya berupaya memastikan pasangan tersebut paling cocok untuk bertarung di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Baca Juga: Enggan promosikan Sohibul, PKB mau gandeng Anies Prasetjo atau Kaesang

“Menurut kami, ini adalah mitra yang ideal bagi Jakarta yang telah dicanangkan sebagai kota global,” kata Sjajku dalam keterangannya, Kamis (27/4).

Siyaku meyakinkan, Anees-Sohibul merupakan pasangan ideal karena memiliki berbagai pengalaman di dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Anees ingin kembalikan slogan warga progresif dan bahagia yang mengubah Hera Budhi menjadi kotanya

“Mereka juga merasakan pendidikan di luar negeri dan pemahaman global berbeda yang mereka miliki.” Insya Allah ini jadi modal utama, ujarnya.

PKS meyakini Anies akan mempertimbangkan pasangan yang diajukan PKS meski mendapat tentangan dari PKB dan PDI Peryuangan.

BACA JUGA: Pencalonan Aniesa-Sohibul Iman Dianggap Berisiko, Ketum PKS Tanggapi Enteng

“Pak Anies sangat paham dengan PKS. Insya Allah kami berharap Pak Anies tetap di PKS,” ujarnya.

Sebelumnya, DPP PKS resmi mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai calon gubernur dan wakil gubernur.

Presiden PKS Ahmad Sjaihu mengatakan, keputusan tersebut mempertimbangkan usulan DPV PKS DKI Jakarta dan juga mendengarkan berbagai masukan dari individu, ulama, habib, dan lintas agama.

Hal itu disampaikan dalam pengarahan seluruh calon anggota DPR RI terpilih dan DPRD Provinsi se-Indonesia.

Oleh karena itu, diputuskan untuk mengusung Pak Anies Rasyid Baswedan sebagai calon gubernur dan Pak Mohammad Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur pada rapat DPP PKS yang digelar pada Kamis, 20 Juni 2024, kata Siaikhu, Selasa lalu (25/ 6).

Namun Ketua DPV PKB DKI Jakarta Hasbiyallah Ilyas menyatakan masih belum berpihak pada PKS dan sudah mengusung Wakil Ketua Dewan Suro Mohamad Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur.

Menurut Hasbiyallah, pihaknya masih melakukan negosiasi dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Praseti Edi Marsudi atau Jenderal PSI Kaesang Pangarep untuk menggabungkan Anies.

“Istichomachus kita gendong Anya.” Terkait calon cavagub, kami juga akan berkomunikasi dengan PDIP. Bisa saja Anies-Prasetio, Kaesang Pangarep dan Pj Heru Budi Hartono, kata Hasbi dalam keterangannya, Selasa (25/6). (mcr4/jpnn) Dengar! Video Pilihan Editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *