Piala AFF U-16: Hajar Laos 6-1, Timnas U-16 Indonesia Melaju ke Semifinal

saranginews.com – JAKARTA – Timnas U-16 Indonesia mengalahkan Laos 6-1 dalam laga penentuan pemenang Grup A Piala AFF U-16 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Kamis (27/6) malam. Timnas U-16 Indonesia pun berhasil mencapai babak semifinal Piala AFF U-16. 

Gol Fayal Shipanom (5′) sebelum enam gol Zahabi Gholi (23′), Tristan Raisa Ibrahim (29′), Josh Holong (38′, 60′), Putu Panji (38′, 60′) membalas – tim nasional Tim kembali. 45+3′), dan Mirza Firjatullah (79′).

Baca juga: Sahli Himwan yakin Garud Muda bakal juara Grup A Piala AFF U16

Di babak pertama, tim Nova Arianto sempat tertinggal akibat gol cepat Laos yang tercipta pada menit ke-5 lewat penalti Fayal Shipanom.

Laos hampir menggandakan keunggulannya pada menit ke-18.

Baca juga: Shin Tae Yong Sebut 3 Pesaing Teratas Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

Namun tendangan bebas Daofhad Kamkasomfou di depan gawang masih melambung tinggi.

Setelah 20 menit pertama mematikan serangan, Timnas Indonesia U-16 akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-23 lewat penalti Zahabi Gholi. Skor berubah menjadi 1-1.

Baca Juga: 3 Stadion & 3 Tempat Latihan Siap Digunakan Untuk Piala AFF U-16 2024 Sendiri

Indonesia tak perlu menunggu gol kedua karena sudah unggul terlebih dahulu pada menit keenam lewat sundulan Tristan Raisa Ibrahim memanfaatkan sepak pojok.

Indonesia bermain lebih percaya diri dan pada menit ke-38 Josh Holong mengkonversi umpan dari dalam untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-1.

Di menit-menit akhir babak pertama, kapten Putu Panaji mencetak gol untuk menyamakan skor 4-1 saat Indonesia memasuki ruang ganti dengan tenang.

Memasuki babak kedua, Indonesia tak perlu menunggu lama untuk mencetak gol kelima.

Pasalnya, setelah 15 menit, Holong mencetak gol kedua melalui tendangan kanan.

Pasukan Nova Arianto semakin leluasa memainkan bola dari kaki hingga ujung kaki.

Dalam performa terbaiknya, kemenangan Indonesia disegel pada menit ke-79 melalui gol keempat pemain pengganti Mirza Firjatullah di Piala AFF U-16.

Tidak ada gol yang tercipta selama sisa pertandingan, dan setengah lusin pemain Indonesia hanya mencetak satu gol untuk menjadi skor akhir pertandingan.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia memimpin grup dengan tepat 9 poin dari tiga pertandingan dan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 yang akan dimainkan pada Senin (1/7).

Berikut klasemen kedua tim.

Indonesia: Noor Ichsan, Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji, Matthew Ryan Baker, Zahabi Gholi, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfredo, Fabio Azkayirwan, Tristan Raisa Ibrahim, Rayhan Aprinsyah Sudrajat, Josh Holong Jr.

Pelatih: Nova Arianto

Laos: Thitsakhone Sumlivongwath, Phisith Atau, Bounthasak Chandala, Sikanda Zaisongkham, Daofhad Kamkasomphau, Phayak Siphanom, Binli Donsnauphit, Kee Mounkanyah, Sayawath Vansawath,

Pelatih: Kanlaya Sisomwang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *