Manfaatkan DBHCHT, Bea Cukai Gelar Rapat Koordinasi dengan Satpol PP

saranginews.com, JAKARTA – Pihak Bea dan Cukai Yogyakarta dan Malang menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) yang diwakili Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di wilayah kerjanya masing-masing.

Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBH CHT) di bidang penegakan hukum,

BACA JUGA: Bea dan Cukai serta Insentif Prosedural di FTZ dan KEK Batam untuk Mendorong Investasi

Bea Cukai Yogyakarta menggelar rapat koordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Bantul pada Jumat (21 Juni) dalam rangka pemantauan dan evaluasi kinerja penggunaan DBH CHT.

Topik utama pembahasannya adalah kegiatan sosialisasi dan operasional pembelian yang dilakukan otoritas bea dan cukai di Yogyakarta dan Satpol PP Bantul.

BACA JUGA: Bea dan Cukai Musnahkan Barang Penindakan Bea Cukai

Inspektur Bea dan Cukai pertama Yogyakarta, Bimo Adisaputro, menyampaikan apresiasi atas sinergi yang dicapai bersama Satpol PP Bantul.

Satpol PP Bantul berhasil meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan penggunaan DBH CHT terbaik dan sebagai Satpol PP dengan penggunaan Siroleg (penindakan rokok ilegal) terbaik dalam penghargaan yang diselenggarakan oleh Bea dan Cukai Yogyakarta (Bejo Award 2024).

BACA JUGA: Bagaimana bea dan cukai dapat mencegah peredaran narkoba di Indonesia

“Kami berharap hal ini dapat memotivasi Satpol PP Bantul untuk terus meningkatkan kinerja dan memantau aktivitas rokok ilegal,” kata Bimo.

Sementara itu, Bea Cukai Malang menggelar rapat koordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Malang pada Jumat (6/7).

Dalam rapat koordinasi tersebut dibahas pengadaan properti investasi sebagai bentuk penggunaan DBH CHT tahun anggaran 2024.

DBH CHT merupakan penerimaan negara dari sektor cukai hasil tembakau yang disalurkan kepada pemerintah daerah dengan komposisi yang ditentukan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemanfaatan DBH CHT oleh pemerintah daerah bersama Bea dan Cukai dilakukan secara massal dan terukur berdasarkan manajemen risiko.

Hasil rapat koordinasi tersebut nantinya akan dikonsultasikan lebih lanjut dengan Direktorat Jenderal Perimbangan Perekonomian Kementerian Keuangan.

Kerjasama dan sinergi penyiapan DBH CHT antara Bea Cukai dan pemerintah daerah akan memberikan dampak positif terhadap rencana kegiatan dengan optimalisasi pemanfaatan DBH CHT dalam penegakan hukum. (jpnn)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Bea Cukai menggerebek BMN, memberikan bonus kinerja speedboat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *