Info Terbaru Pembangunan Istana Presiden di IKN, Diana: Alhamdulillah

saranginews.com – PALANGKARAYA – Perayaan HUT RI ke-79 akan digelar di Ibu Kota Kepulauan (IKN) dan Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memajukan pembangunan berbagai sarana dan prasarana di IKN agar siap digunakan menjelang upacara HUT ke-79 Republik Indonesia.

Baca juga: Raja Juli: Waktu tempuh IKN-Balikpapan Semakin Singkat

“Kalau bicara infrastruktur IKN khususnya PUPR, secara keseluruhan gelombang pertama Kementerian Air, Pembangunan Masyarakat, dan Perumahan Rakyat sudah 82 (persen),” ujar Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuthi. Saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana pendidikan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (27/6).

Kementerian PUPR menargetkan beberapa infrastruktur dasar, antara lain penyediaan air minum, istana presiden, kantor presiden, jalan tol, dan taman peringatan, dapat berfungsi dan berfungsi pada akhir Juli.

Baca juga: IKN Boyongan

Terkait pembangunan Istana Kepresidenan, Diana menjelaskan, kondisi halaman, eksterior, dan interior sudah hampir selesai, namun masih perlu perawatan.

Alhamdulillah, akhir Juli nanti pedang Garuda sudah siap di Kantor Presiden. Poros nasional di depan Istana juga sudah selesai.

Baca Juga: Pejabat Perayaan HUT RI ke-79 di IKN Tak Menginap di Hotel

“Kantor Menko sudah berfungsi dan bisa digunakan. Mudah-mudahan bulan Juli jalan depan Rumah Presiden bisa selesai,” kata Diana.

Diana membenarkan, sesuai rencana Presiden Jokowi yang akan berkantor di IKN pada Juli mendatang, atau sebulan sebelum rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI, maka kantor tersebut bisa mulai ditempati pada Juli mendatang.

Jadi bos Pakistan akan tinggal di sana, presiden juga akan tinggal di sana. Semoga semuanya berjalan sesuai rencana, kata Diana, sapaan akrab Menteri PUR Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, Kepala Kementerian Presiden (Kasetpress), Heru Budi Hartono mengatakan, realisasi Presiden Jokowi berkantor di IKN masih menunggu persiapan infrastruktur seperti penyediaan air minum dan bandara IKN. Kabupaten Pasar, Kalimantan Timur.

Heru mengatakan, meski pembangunan bandara tersebut diperkirakan rampung pada Agustus mendatang, namun masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengurusan izin pengoperasian bandara tersebut.

“Iya ada air, ada bandara. Kemarin Agustus diharapkan bandara selesai dan hasil informasi yang saya terima masih perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Heru mengatakan, pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang akan diawali dengan kegiatan peringatan bersama pada 1 Agustus 2024.

Heru mengatakan, berbeda dengan rencana awal yang akan menggelar seluruh rangkaian acara peringatan Dies tahun ini di IKN, kegiatan pada tanggal 1 hingga 17 Agustus akan dilaksanakan secara luring dan daring di IKN dan Jakarta. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *