Copa America 2024: Ekuador Tumbangkan Jamaika 3-1

saranginews.com – JAKARTA – Timnas Ekuador meraih poin penuh pertamanya di Copa America 2024.

Hal itu terjadi setelah Timnas Ekuador mengalahkan Timnas Jamaika 3-1 dalam laga Grup B Copa America di Allegiant Stadium Las Vegas, Kamis pagi (27 Juni) WIB.

BACA JUGA: Hasil dan Klasemen Copa America 2024: Brasil Kalah, Kolombia Menang

Kedua tim, sama-sama mencari kemenangan perdana, saling menyerang sejak awal pertandingan untuk menciptakan peluang.

Ekuador yang mendominasi penguasaan bola di awal pertandingan, unggul terlebih dahulu setelah tembakan keras Piero Hincapie dari sudut kiri dari luar kotak penalti tak mampu diblok kiper Jahmali Waite.

BACA JUGA: Hasil dan Jadwal Copa America 2024: Uruguay dan Tuan Rumah Yaya

Usai menang 1-0, pasukan Feliz Sanchez terus menekan untuk memperbesar keunggulan.

Sementara itu, Jamaika terus berusaha menciptakan peluang melalui serangan balik.

BACA JUGA: Messi Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak di Copa America

Namun Antonio dan kawan-kawan tak mampu mengatasi kebuntuan tersebut.

Bahkan beberapa situasi standar pasca sepak pojok dan tendangan bebas tak memberikan ancaman serius bagi pertahanan Ekuador.

Jelang babak pertama berakhir, Ekuador menciptakan peluang setelah sundulannya membentur lengan Greg Lee di kotak penalti.

Wasit Cristian Garay memutuskan untuk meninjau umpan video asisten wasit (VAR) dan menetapkan bahwa telah terjadi pelanggaran, yang menyebabkan penalti diberikan kepada Ekuador.

Kendry Paez pun sukses mengkonversi penalti pada menit 45+5 dan menambah keunggulan Ekuador menjadi 2-0 di penghujung babak pertama.

Jamaika kembali meningkatkan kehebatan menyerangnya dengan bermain cepat hingga mencapai babak kedua.

Tim asuhan Pelatih Heimir Hallgrimsson akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-54. Tendangan Mihail Antonio yang lepas kendali di depan gawang sukses mengirim “Rundot” ke dalam gawang dan menambah skor menjadi 1:2.

Jamaika terus berusaha menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan, sementara Ekuador juga melancarkan serangan cepat untuk memperbesar keunggulan.

Jelang laga berakhir, Alan Minda memperbesar keunggulan Ekuador menjadi 3-1 melawan Jamaika pada menit ke-90+1.

Gol cepat tersebut tercipta melalui serangan balik saat Minda menggiring bola melewati pertahanan lawan di dalam kotak penalti, lalu melepaskan tembakan yang tak mampu dihentikan kiper Jahmali Waite.

Kemenangan ini mengantarkan Ekuador ke puncak klasemen Grup B Copa America dengan dua laga tersisa (di laga sebelumnya kalah dari Venezuela dengan skor 1-2).

Sementara Venezuela dan Meksiko yang masing-masing mengoleksi tiga poin akan berebut posisi teratas pada pertandingan kedua tim, Kamis (26 Juni). (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *